Keuntungan Memilih Kerja di Pertambangan

keuntungan memilih kerja di pertambangan

Memiliki kerja di sektor tambang selalu diidam-idamkan oleh banyak orang. Mengapa?

Pertambangan merupakan bidang kerja yang memiliki risiko cukup besar. Pekerjaan di bidang pertambangan melibatkan banyak pihak dan juga berkaitan langsung dengan kegiatan eksplorasi alam. Bekerja di area tambang memerlukan taruhan nyawa. Meski begitu, banyak orang yang tertarik untuk memiliki kerja di pertambangan. Mengapa?

Baca Juga: Waspada! Ini Dampak Pertambangan Ilegal

Berbagai Keuntungan Bekerja di Sektor Pertambangan

Menjadi pekerja tambang berarti harus kuat fisik dan mental. Kondisi geografis lingkungan tambang yang berbahaya juga menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, pihak tambang menawarkan insentif yang tidak sedikit bagi siapapun yang ingin bekerja di sektor ini. 

Berikut ini berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memilih kerja di pertambangan:

1. Pengalaman Yang Bermanfaat

Banyak alumni mahasiswa pertambangan yang memilih bekerja langsung sesuai bidangnya setelah lulus. Mereka ingin ilmu yang didapatkan di perguruan tinggi tidak sia-sia. Bekerja di pertambangan akan berperan dalam menambah wawasan para mahasiswa freshgraduate maupun pekerja yang baru melamar di sana. 

Memang membutuhkan nyali yang besar untuk bisa berkecimpung di bidang ini. Namun, hal tersebut dapat digunakan sebagai sarana melatih kemandirian serta kemampuan para pekerja tambang. Para pekerja juga akan dituntut untuk selalu bekerja secara cermat dan teliti karena pekerjaannya memiliki resiko yang sangat tinggi.  

2. Pendapatan Stabil dan Besar

Besaran gaji yang didapatkan dengan menjadi pekerja tambang tidak dipungkiri menjadi daya tarik utama para pekerja. Para pekerja akan mendapatkan bayaran yang tinggi dan sepadan dengan resiko yang berani mereka tanggung di lingkungan proyek. Banyak pekerja kasar tambang banyak yang memperoleh gaji lebih dari 7 juta rupiah per bulan. 

3. Merupakan Pekerjaan Yang Bergengsi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang yang bekerja di tambang dianggap lebih bergengsi di mata masyarakat. Pekerja tambang yang memiliki posisi rendah sekalipun akan dianggap berharga karena jumlah bayaran yang tidak sedikit. Oleh karena itu, banyak anak muda yang terobsesi dengan sektor pertambangan. 

4. Mampu Meningkatkan Value Diri

Sektor pertambangan dikenal sebagai bidang pekerjaan dengan beban dan resiko yang tidak main-main. Apabila seseorang bertahan di bidang pertambangan dalam waktu yang cukup lama, ia dianggap seorang yang kompeten.

Hal ini dikarenakan ia mampu bertahan dalam tekanan dalam jangka waktu yang tidak singkat. Jadi ketika ia ingin melamar ke perusahaan lain, ia bisa membanggakan pengalamannya bekerja di tambang.

5. Fasilitas yang Memadai

Fasilitas yang disediakan untuk para karyawan memang berbeda, tergantung pada pihak pertambangan. Tidak jarang para karyawan ini disediakan mess yang layak huni untuk tempat tinggal mereka selama bekerja.

Walaupun tidak mewah, namun dengan adanya asrama dapat memangkas biaya hidup selama merantau di lokasi proyek. Inilah salah satu keuntungan yang akan didapat oleh para pekerja pendatang dari luar daerah. 

Baca Juga: 7 Tahapan Dalam Pengolahan Emas Batangan

Jika Anda tertarik untuk bekerja di sektor tambang, pastikan Anda telah menyiapkan proses pengajuan secara matang. PT. Agincourt Resource memaksimalkan penyerapan sumber daya manusia dari masyarakat di sekitar area tambang. Terdapat setidaknya 2.600 karyawan dan kontraktor yang 98% merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), dan 70%-nya direkrut dari penduduk setempat.

PT. Agincourt Resource berkomitmen untuk menciptakan operasi yang aman dan efisien, meminimalisir dampak lingkungan, dan memastikan keberadaan perusahaan mampu memberi manfaat jangka panjang kepada seluruh pemangku kepentingan lokal.