Lebih Untung Investasi Emas atau Perak?

lebih untung investasi emas atau perak

Sebelum investasi emas atau perak, perhatikan resiko, return, demand dan volatilitasnya dahulu

Menjatuhkan pilihan antara emas atau perak sebagai investasi bergantung pada tujuan investasi dari masing-masing investor. Investasi emas menjadi pilihan jangka panjang yang paling populer karena nilai jualnya yang cenderung meningkat, namun kini perak mulai dilirik sebagai investasi karena kebutuhan perak sebagai bahan baku di berbagai sektor industri dinilai semakin meningkat. 

Baca Juga: 5 Tips Membeli Emas Di E-Commerce

Terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya sebagai komoditi investasi. Berikut penjelasannya

Perbedaan Investasi Emas dan Perak

Sebagai investor, aspek utama yang wajib diperhatikan dalam berinvestasi emas atau perak yaitu dari segi risiko, return, demand dan volatilitas-nya. Ada beberapa perbandingan antara investasi emas dan perak dilihat seluruh segi tersebut yang wajib Anda ketahui.

  • Risiko

Dinamika pasar yang fluktuatif memerlukan kejelian dan kehati-hatian, sehingga sebelum memilih investasi baik emas ataupun perak, seorang investor akan risiko harus memiliki kesadaran yang tinggi dan kemampuan mengambil keputusan yang tepat.

Jika investor bermain dalam bentuk trading, maka emas dan perak masing-masing memiliki risiko. Dibandingkan emas, nilai perak cenderung lebih fluktuatif. Namun, tidak menutup kemungkinan pergerakan harga emas akan tetap stabil.

Agar bentuk investasi yang Anda pilih memberikan hasil yang sesuai dengan harapan, tentukan waktu untuk membeli dan menjual yang tepat.

  • Return

Emas dan perak memiliki prospek yang sama baik jika ditargetkan untuk investasi dalam jangka panjang. Alasannya, harga jual emas semakin lama akan semakin meningkat dan secara otomatis nilai investasi juga akan meningkat. Begitu pula dengan perak, yang mana dalam waktu jangka panjang harga jualnya juga akan terus bertambah.

Jika emas dan perak diinvestasikan dalam bentuk batangan, maka keduanya akan sama-sama memberikan keuntungan. Namun, pada periode tertentu perak batangan dapat memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan emas batangan.

  • Demand

Menurut survey permintaan perak di pasaran lebih tinggi dari pada emas. Karena kebutuhan perak lebih banyak dan digunakan dalam sektor industri. Bahkan, jika dilihat dari statistik global, saat ini permintaan emas perhiasan cenderung lebih menurun.

Perak banyak dibutuhkan sebagai bahan baku di berbagai sektor industri, karena karakternya yang mudah dibentuk. Selain sebagai bahan perhiasan dan peralatan rumah tangga, perak juga digunakan untuk industri listrik karena memiliki sifat sebagai konduktor. Oleh sebab itu, tingkat permintaan perak terus meningkat di pasaran.

  • Volatilitas

Nilai peralihan harga yang menunjukkan fluktuasi pasar dalam satu waktu tertentu atau disebut juga volatilitas. Volatilitas berperan penting dalam menentukan profit suatu investasi dalam bentuk trading. Umumnya, nilai volatilitas yang tinggi akan membuka peluang profit lebih besar.

Tetapi patut diingat, peluang ini dibarengi peluang risiko yang sama besarnya. Jadi, Anda harus mampu mengambil keputusan  trading emas dan perak saat nilai volatilitasnya naik dengan baik, agar Anda akan memperoleh profit yang tinggi.

Faktor yang paling mempengaruhi nilai volatilitas emas yaitu kebijakan pasar global dari tingkat inflasi dan suku bunga. Sedangkan pada perak nilai volatilitasnya dipengaruhi besarnya permintaan industri. Laju pergerakan dari harga perak sangat pesat dan mencapai hingga 3x lebih cepat dibandingkan dengan emas.

Baca Juga: Antara Investasi Emas Batangan dan Perhiasan, Mana Yang Lebih Baik?

Jadi kesimpulannya, emas dan perak bisa dijadikan sebagai salah satu investasi yang sangat menjanjikan. Keduanya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan jika dijadikan sebagai investasi jangka panjang.  Harga emas lebih cenderung naik, namun permintaannya tidak sebanyak perak. Hal ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi para investor sebelum mengambil keputusan dalam berinvestasi. 

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai proses penambangan dan pengolahan emas yang dilakukan PT. Agincourt Resource, Anda dapat klik di sini