Wow, Inilah 5 Limbah Barang Elektronik yang Banyak Mengandung Emas

limbah-barang-elektronik-yang-banyak-mengandung-emas

Dalam kehidupan, tanpa sadar kita dominan menggunakan barang elektronik yang banyak mengandung emas, terutama berhubungan dengan perangkat komputer.

Berbagai perangkat listrik dan juga penggunaan gadget juga termasuk banyak dari benda logam. Salah satu alasannya karena logam merupakan penghantar listrik terbaik untuk bisa membuat ruangan disinari cahaya lampu. Emas maupun perak juga dominan digunakan pada perangkat elektronik seperti di atas karena memiliki material baik guna melapisi berbagai konektor. Banyak sekali kandungan perak dan sejenisnya pada berbagai perangkat teknologi dimana kini digunakan. Namun, masih dominan orang belum sadar dibandingkan mereka yang sudah tahu. Hal paling disayangkan ketika perangkat teknologi sudah dibuang adalah menjadi limbah. Padahal tidak sedikit barang limbah elektronik yang banyak mengandung emas.

Baca Juga: Emas Berasal dari Daerah Indonesia adalah Emas Berkualitas? Berikut Faktanya 

5 Barang Elektronik yang Banyak Mengandung Emas

Tanpa sadar, sebenarnya manusia modern telah menggunakan barang elektronik yang mengandung emas selama sehari-hari. Entah ketika bekerja di kantor maupun di rumah. Berikut merupakan daftar benda kekinian dilapisi logam:

1. Motherboard

Motherboard menjadi salah satu benda kekinian paling dominan menggunakan logam berupa emas. Jika dibongkar, Anda akan melihat sirkuit keemasan serta sirkuit pada konektor dari tembaga berbalut emas. Bukan tanpa alasan pembuatnya menciptakan teknologi itu. Hal tersebut dipicu oleh pencegahan terhadap korosi pada seluruh sirkuit, sebab apabila terjadi korosi otomatis ada korsleting listrik. Apabila listrik konslet, maka seluruh aktivitas dari komputer tidak bisa dilakukan, baik itu mengenai pekerjaan maupun hiburan.

2. Processor

Tepat pada bagian bawah kipas pendingin setelah motherboard, ada processor atau otak dari seluruh perangkat komputer. Selayaknya otak, processor berguna untuk menjalankan seluruh fungsi komputer dan berpengaruh dominan menonaktifkan seluruh fungsinya. Processor ternyata termasuk ke dalam salah satu barang elektronik yang banyak mengandung emas. Terutama pada bagian kaki paling bawah, kandungan logam mulia paling dominan ada di sana. 

3. RAM

Random-access memory (RAM) merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan berbagai file pada PC, laptop, maupun handphone. Siapa sangka ternyata RAM juga menjadi salah satu benda dengan logam mulia di dalamnya. Anda bahkan bisa menambang benda tersebut dari RAM. Kandungan logam mulia pada RAM, terletak pada kaki dekat motherboard dan biasanya banyak ditemukan pada pentium satu dan dua. Namun, pada penggunaan pentium lainnya juga tidak menutup kemungkinan masih bisa ditemukan, terutama dekat motherboard.

4. VGA

Elemen berikutnya yang juga mengandung logam mulia adalah Video Graphics Array (VGA), lokasinya juga seperti RAM, yaitu terletak pada bagian kakinya. Tujuan pemasangan logam pada bagian kaki bertujuan untuk menghantarkan listrik secara sempurna ke seluruh komponen PC. VGA adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menampilkan grafik atau tampilan visual pada layar komputer. Semakin bagus jenis VGA maka semakin mulus juga tampilan grafik pada layar komputer. Hal ini biasanya menjadi pertimbangan utama para gamers.

5. Sound Box

Benda terakhir yang menjadi barang elektronik yang banyak mengandung emas adalah sound card. Pada PC Pentium 1 maupun 2, logam mulia biasanya ditemukan pada IC. Diletakkan di sana karena IC menghantarkan listrik kepada seluruh komponen komputer. Logam mulia memang diketahui sebagai penghantar listrik terbaik sehingga menjadi pilihan banyak orang yang ketika merakit PC. Penggunaan logam mulia ini untuk menghindari serangan korsleting yang bisa merusak seluruh komponen atau elemen komputer.

Baca Juga: Simak Pengelolaan Lingkungan yang Dilakukan di Tambang Martabe 

Banyak sekali benda elektronik yang ternyata terbuat dari logam mulia. Kelima barang elektronik yang banyak mengandung emas merupakan beberapa contoh nyata dimana sering kita temukan dalam kehidupan modern. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.