Logam Emas, Lebih Baik Jadikan Batangan atau Perhiasan?

logam-emas-lebih-baik-jadikan-batangan-atau-perhiasan-agincourt

Hasil akhir logam emas seperti apa yang lebih Anda sukai? Apakah bentuk batang atau sudah diolah menjadi perhiasan?

Beberapa orang lebih menyukai perhiasan karena bisa digunakan dalam menghadiri berbagai acara resmi, pernikahan, maupun acara-acara lain. Beberapa lainnya lebih menyukai batangan dengan alasan investasi dan tidak terlalu suka berhias dengan emas. Semua dikembalikan pada pilihan masing-masing. Namun, kali ini kami akan mengulas kelebihan dari masing-masing hasil akhir dari logam emas ini. Dalam dunia investasi, sebenarnya pembelian logam mulia jauh lebih dianjurkan, namun tidak menjadi suatu hal mutlak. Proses dari penambangan sampai jadi LM maupun perhiasan membutuhkan waktu panjang serta keterampilan yang tidak sembarang orang bisa.

Baca Juga: 5 Tips Buat yang Masih Ragu untuk Investasi Logam Mulia

Perbedaan Keunggulan Logam Emas (LM) dan Perhiasan

Untuk memperkuat niat antara investasi pada jenis perhiasan atau LM, ada baiknya Anda meninjau berbagai kelebihan keduanya berikut ini:

1. Kegunaannya

Keunggulan perhiasan yang pertama adalah selain dapat dijadikan sebagai sarana investasi, juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik diri. Berbagai aksesoris mewah, seperti anting, cincin, kalung, gelang tangan, sampai gelang kaki selalu disukai oleh kaum hawa. Sementara itu, bentuk LM memang monoton, biasanya hanya disimpan di lemari atau dititipkan di bank dengan risiko biaya penyimpanan. Bisa juga disimpan di brankas pribadi, asalkan kode penyimpanan terbilang aman dari kemungkinan orang-orang usil.

2. Biaya Pembuatan

Untuk gelang, cincin, dan sejenisnya, biasanya ketika Anda membeli akan dikenakan biaya pembuatan senilai 10 sampai 20 persen dari harga asli. Tapi, ketika benda berharga tersebut dijual kembali, biaya tersebut tidak akan masuk ke dalam salah satu perhitungan. Berbeda dengan LM, tidak ada biaya pembuatan alias gratis pada saat pembelian. Selain itu, salah satu bentuk logam emas ini juga sebaiknya ketika hendak dijual kembali memperhatikan kondisi pasar, hindari menjual pada saat harga sedang tidak bagus.

3. Surat dan Sertifikat Kepemilikan

Ketika berbelanja anting, gelang, cincin, kalung, dan sebagainya, Anda akan menerima sebuah bukti pembelian berupa surat. Surat ini tidak boleh hilang karena berfungsi untuk bukti kembali pada saat Anda hendak menjualnya pada toko yang sama atau berbeda. Syarat menjual di toko berbeda asalkan kebijakan toko tersebut mau membeli emas yang bukan dari tokonya. Sementara untuk LM, seorang investor pemiliknya wajib juga memiliki sertifikat yang membuktikan benar bahwa ia pemilik sah dari aset berharga tersebut. Untuk penjualannya kembali dapat dilakukan pada toko emas yang menerima, pegadaian, maupun investor lain. Persyaratannya sama, guna membuktikan keabsahan maka dibutuhkan penyertaan sertifikat kepada penerima benda berharga berikutnya.

Investasi Sesuai dengan Tujuan Masing-masing

Lantas sekarang jika disuruh memilih antara emas batangan atau perhiasan, maka dikembalikan pada beberapa acuan dalam berinvestasi. Apabila mempertimbangkan tujuan investasi jangka panjang maka amat dianjurkan untuk lebih memilih LM daripada perhiasan. Namun, apabila tujuannya untuk memenuhi gaya hidup maka logam emas dalam bentuk perhiasan jauh lebih tepat. Kemudian pertimbangan berikutnya adalah kemudahan akses pembelian. Biasanya kebanyakan orang membeli perhiasan karena toko mas ada di mana saja. Kendati demikian, untuk mempersiapkan diri membayar sejumlah dana potongan, tidak masalah Anda memilih gelang, dan kawan-kawannya itu. Investasi emas merupakan investasi jangka panjang, akan menguntungkan ketika harga naik, harap bersabar ketika harga tidak bagus.

Baca Juga: Beli Emas Kapan pun Akan Tetap Menguntungkan, Berikut Faktanya

Anda kini dapat secara mudah memantaunya langsung dari jaringan internet di rumah. Pastikan untuk memahami betul berita terkini logam emas sebelum memutuskan berinvestasi pada LM atau perhiasan. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.