Manfaat dan Pengertian Rare Earth

manfaat dan pengertian rare earth

Rare Earth memiliki banyak manfaat dari segi teknologi bahkan militer

Apa pengertian Rare earth? Rare Earth sering disebut juga dengan istilah logam tanah jarang. Jenis logam yang satu ini tidak sepenuhnya jarang ditemukan di permukaan bumi. Namun proses yang harus dilakukan untuk mengolah logam-logam tersebut cukup rumit sehingga dinamakan demikian. 

Baca Juga: Melimpahnya Hasil Tambang Di Indonesia

Mengenal Rare Earth

Di bangku sekolah menengah Anda mengenal tabel periodik unsur kimia, disitulah Anda belajar Pengertian rare earth atau mengenai logam tanah jarang. Ke-17 unsur kimia yang dicatat pada tabel tersebut dinamakan logam tanah jarang karena memiliki persebaran yang tidak merata. Dengan kata lain, hanya sedikit wilayah di dunia yang memiliki sebaran logam tanah jarang dalam lokasi yang berkelompok. 

Sudah sejak abad ke-18 logam tanah jarang ini ditemukan. Sejak saaat itu pula para peneliti berlomba-lomba untuk menemukan jenis logam baru yang termasuk dalam jenis rare earth.

Apa Saja Manfaat Rare Earth?

  • Segi Teknologi

Rare earth memiliki berbagai manfaat dalam dunia teknologi. Logam tanah jarang ini sering dimanfaatkan sebagai penyempurna produk teknologi. Dalam hal ini, gadget yang sekarang ini kita miliki pun juga membutuhkan logam tanah jarang sebagai lapisan di bagian layarnya. 

Selain itu, logam tanah jarang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan neomagnet. Jenis magnet yang satu ini memiliki kekuatan yang lebih besar dariapda jenis magnet yang kita ketahui pada umumnya. Dengan begitu, ada peluang untuk mengembangkan produk dinamo dan juga speaker yang lebih berkualitas dengan adanya neomagnet ini. 

  • Segi Otomotif

Tak hanya itu, di dunia otomotif juga mulai dikembangkan mobil hybrid yang dipicu dengan tenaga listrik. Tenaga yang digunakan utnuk menggerakkan jenis mobil ini tentunya juga membutuhkan rare earth dalam jumlah yang tidak sedikit. Material logam tanah jarang pun juga sangat penting dalam industri logam karena dianggap mampu menambah kekuatan dan ketahanan dari logam yang sedang ditempa. 

  • Segi Militer

Di dunia militer, peralatan yang digunakan untuk berperang memerlukan logam tanah jarang. Berbagai alutsista seperti rudal, satelit, laser, dan berbagai peralatan militer lainnya memerlukan rare earth sebagai komponennya. Peralatan militer yang berupa logam berat juga terkadang diberi campuran logam jenis ini agar semakin kuat. 

Sebenarnya masih banyak sekali pemanfaatan logam tanah jarang di berbagai kegiatan industri dunia. Hal inilah yang menyebabkan logam tanah jarang menjadi salah satu objek bisnis dengan prospek yang sangat besar.

Baca Juga: Daftar Perusahaan Tambang Di Indonesia

Indonesia sebenarnya memiliki wilayah yang kaya akan logam tanah jarang, sehingga potensi bisnis dalam sektor ini akan menguntungkan negara dari segi ekonomi. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar pertambangan? Kunjungi website Agincourt Resources