Manfaat Kegiatan Ekonomi Pertambangan Emas

manfaat-kegiatan-ekonomi-pertambangan-emas-tambang-emas-martabe-agincourt-resources

Kegiatan ekonomi pertambangan emas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk masyarakat hingga negara.

Sumber daya alam yang dimiliki oleh negara Indonesia sangatlah beragam, maka wajar bila kegiatan ekonomi pertambangan dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat. Pemanfaatan kekayaan alam, umumnya dilakukan masyarakat dengan cara membangun industri yang bergerak dalam bidang pengolahan sumber daya alam. Contohnya seperti industri pertanian, industri perikanan, industri perkebunan dan industri pertambangan.

Industri pertambangan merupakan salah satu industri yang banyak diminati oleh penduduk Indonesia. Bagaimana tidak? Hasil–hasil barang tambang seperti emas dan batu bara merupakan barang yang bernilai jual tinggi. Selain itu, barang tersebut banyak dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari–hari.

Baca Juga: Apakah Kerja di Pertambangan Sulit?

Beberapa Manfaat Kegiatan Ekonomi Pertambangan Emas

Pertambangan merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memanfaatkan barang tambang. Kegiatan tersebut meliputi penggalian,  pengolahan, penjualan serta pengelolaan bahan galian. Pertambangan juga dapat diartikan sebagai kegiatan mengambil endapan bahan galian dari kulit bumi yang bernilai ekonomis, baik itu dilakukan secara manual maupun mekanis.

Dunia pertambangan seringkali dicap sebagai kegiatan yang negatif oleh masyarakat. Pasalnya, banyak orang menganggap bahwa pertambangan merupakan kegiatan yang merusak lingkungan. Padahal, beberapa dari perusahaan tambang sudah melakukan upaya dalam proses pengolahan sampah dan limbah pertambangan yang diduga dapat merusak lingkungan untuk ke depannya, sehingga yang tersisa hanyalah manfaat dari pertambangan tersebut.

Pertambangan sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan pertambangan emas yang mungkin anda belum ketahui.

Menambah Pendapatan Suatu Daerah maupun Negara

Pertambangan merupakan salah satu industri besar yang berfokus pada pemanfaatan bahan galian tambang. Dengan adanya industri pertambangan di suatu wilayah, maka perekonomian wilayah tersebut secara perlahan akan meningkat. Tidak hanya itu, industri pertambangan juga sangat bermanfaat dalam menyumbang devisa negara. Hal ini akan sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian negara tersebut.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Menjalankan kegiatan ekonomi pertambangan tidak dapat dilakukan oleh beberapa orang saja. Pasalnya, kegiatan seperti eksplorasi barang tambang, menyewa alat berat, hingga menjual barang tambang emas memerlukan banyak tenaga pekerja yang ahli dalam bidangnya. Kondisi seperti ini memungkinkan adanya pembukaan lapangan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan. Dengan kata lain, hal ini akan mengurangi tingkat pengangguran yang ada dan membantu perekonomian masyarakat.

Mengurangi Tingkat Impor Barang 

Dengan adanya kegiatan ekonomi pertambangan di Indonesia, memungkinkan penduduk dapat menikmati hasil dari barang tambang negara sendiri tanpa harus impor dari negara lain. Hal ini akan menyeimbangkan persentase impor dan ekspor barang di Indonesia. Sehingga, negara Indonesia tidak perlu bergantung pada negara lain dalam hal barang tambang, khususnya emas.

Membuka Akses Transportasi dan Komunikasi

Lahan pertambangan emas umumnya bertempat di beberapa wilayah terpencil dengan akses transportasi dan juga komunikasi yang cukup sulit. Sehingga, dengan adanya kegiatan ekonomi pertambangan, maka jalur transportasi akan terbuka di berbagai wilayah. Selain itu juga, pembangunan menara pemancar komunikasi di sekitar wilayah pertambangan juga akan bermanfaat, baik bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar.

Kebutuhan Masyarakat akan Produk Emas Terpenuhi

Produk berbahan dasar emas umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Emas dapat dijadikan pelapis bangunan yang dapat memperindah tampilan bangunan tersebut. Emas juga dapat berfungsi sebagai konduktor dalam ponsel sehingga ponsel tidak mudah berkarat. Selain itu perhiasan emas juga umum digunakan oleh para wanita agar terlihat lebih menawan. Sehingga, dengan adanya kegiatan ekonomi pertambangan emas, kebutuhan-kebutuhan masyarakat akan produk emas dapat terpenuhi.

Baca Juga: 5 Daerah Penghasil Tambang Emas di Indonesia

Demikianlah beberapa manfaat kegiatan ekonomi dalam bidang pertambangan emas. Kegiatan pertambangan memang memiliki manfaat yang cukup besar, Namun perlu diingat kembali, bahwa dalam melakukan kegiatan pertambangan hendaknya diiringi dengan kegiatan pelestarian lingkungan. Hal seperti ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak merasa dirugikan dengan kegiatan pertambangan emas yang dilakukan.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.