Manfaat Pertambangan yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Pertambangan yang Tidak Banyak Diketahui

Masih sedikit orang yang mengetahui bahwa sebenarnya dalam dunia tambang terdapat manfaat pertambangan yang menguntungkan negara maupun pemerintah.

Dunia pertambangan dikenal sebagai dunia yang merusak lingkungan, namun ternyata terdapat manfaat pertambangan yang tidak banyak orang ketahui. Secara kasat mata, hadirnya perusahaan pertambangan dapat merusak lingkungan ketika proyek sedang berjalan. Tetapi, jika dilihat jangka panjang hasil dari pertambangan dapat berguna bagi kelangsungan hidup orang banyak khususnya di Indonesia.

Negara dan juga perusahaan tambang selalu bekerja sama untuk menghasilkan hasil tambang yang berkualitas. Para perusahaan tambang juga berusaha mengolah hasil limbah pertambangan menjadi sesuatu yang tidak merusak lingkungan, yang pada akhirnya dapat masyarakat dan negara mendapatkan manfaat pertambangan. Mengingat potensi jangka panjang dari hasil tambang nantinya  akan dinikmati oleh perusahaan,  Negara dan juga rakyat-rakyatnya. Karena begitu banyak pihak yang diuntungkan, maka bisa dikatakan bahwa manfaat pertambangan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Maka dunia tambang memiliki banyak sekali manfaat pertambangan yang mungkin belum diketahui oleh Anda. Beberapa di antaranya seperti:

Baca Juga: Inilah Tujuan Reklamasi Tambang

Memberikan Devisa bagi Negara

Negara merupakan salah satu pihak yang merasakan manfaat pertambangan. Tercatat pada tahun 2018 sumbangan pendapatan negara terbesar diklaim berasal dari sektor pertambangan. Selama tahun 2018, jumlah setoran ke negara dari sektor ini mencapain Rp 46,6 triliun. Hal ini diungkapkan oleh Indonesian Mining Association (IMA), yaitu kumpulan asosiasi yang bergerak di bidang pertambangan. Data realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp 46,6 triliun itu berasal dari data Kementerian Keuangan.

Begitu pula yang terjadi di tahun 2017, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor pertambangan Mineral dan Batubara mencapat Rp 40,6 triliun.
Sedangkan pada tahun 2019 semester I, sektor pertambangan menempati peringkat kelima dalam urutan Penyumbang Pajak Terbesar Negara dengan menyumbang sebanyak Rp 33,43 triliun. Meskipun realisasi ini anjlok 14% dibandingkan periode yang sama di tahun 2018, tetapi dunia pertambangan telah menjadi salah satu dari sekian banyak jalur pemasukan negara.

Meningkatkan Perekonomian Daerah Sekitar

Lokasi pertambangan biasanya terletak jauh dari pemukiman padat penduduk, berada di dalam hutan, dan cenderung dekat ke laut lepas. Uniknya lokasi pertambangan memberikan dampak baik seperti meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Tidak sedikit warga yang diajak perusahaan pertambangan untuk menjadi pegawai. Mereka dipekerjakan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan di area pertambangan dan memberikan pemasukan berupa gaji bagi warga sekitar yang mungkin dulunya hanya bekerja di sektor pertanian atau perhutanan. Meskipun lahan mata pencaharian warga sekitar dipinjam oleh perusahaan pertambangan, sehingga waga tidak perlu khawatir mata pencaharian mereka hilang.

Memenuhi Kebutuhan Nasional akan Barang Tambang

Negara Kepulauan Republik Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah dan tersebar di seluruh penjuru negara. Mulai dari mineral, batu bara, emas, tembaga, perak, dan sebagainya, menjadikan Indonesia akan negara yang makmur akan sumber dayanya. Oleh karena itu, dunia pertambangan sangat berperan aktif dalam mengumpulkan serta mengolahnya menjadi sumber daya. Hasilnya akan digunakan bagi kehidupan orang banyak dan sebagai salah satu pemasukan negara. Kekayaan alam yang sangat melimpah menjadikan Indonesia sebagai incaran negara-negara besar.

Baca Juga: Peran Dunia Pertambangan Dalam Kesehatan

Memiliki hasil tambang sendiri, mengolahnya sendiri, mengkonsumsinya sendiri mungkin menjadi impain jangka panjang negara. Setelah dilihat dari manfaat pertambangan yang cukup menguntungkan ini membuat Indonesia perlu dijaga dan lebih dikemangkan.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.