Manfaat Sumber Daya Tambang Yang Perlu Diketahui

manfaat-sumber-daya-tambang-yang-perlu-diketahui-Tambang-Emas-Martabe-Agincourt-Resources

Apakah negara mendapat manfaat sumber daya tambang?

Tidak banyak yang tahu bahwa manfaat sumber daya tampang mampu meningkatkan perekonomian negara. Mengingat negara Indonesia kaya akan hasil tambangnya, hal ini disebabkan oleh wilayah Indonesia terletak di antara lempeng Eurasia dan Pasifik. Lempeng-lempeng ini terbentuk dari lempengan muda yang berada di daerah cincin atau yang biasa disebut dengan Pasific Ring of Fire. Banyaknya tumbukan lempeng membuat kandungan minyak bumi, gas, dan logam-logam berharga berlimpah di dalamnya.

Pertambangan di Indonesia sering kali meninggalkan kesan buruk seperti eksploitasi alam dan juga pencemaran lingkungan. Namun, disisi lain banyak juga manfaat yang diperoleh dari dunia pertambangan khususnya bagi negara. Berikut kami informasikan mengenai manfaat sumber daya tambang untuk perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Cara Mendapat Izin Usaha Pertambangan Emas

Apa Saja Manfaat Sumber Daya Tambang untuk Negara?

Hasil tambang di Indonesia tersebar hampir di seluruh wilayah. Banyak sekali jenis hasil tambang yang dapat ditemukan seperti minyak bumi, gas, emas, alumunium, timah, batu bara, pasir, besi, baja, dan sebagainya. Tentu saja dibalik semua kesan negatif pasca pertambangan yang sering kali di lihat masyarakat, banyak manfaat yang diberikan dari kegiatan pertambangan. Simak informasi mengenai manfaat sumber daya tambang berikut ini.

Bebas Biaya Impor

Jika menggunakan hasil tambang milik sendiri, maka Indonesia tidak perlu mengimpor barang dari negara lain. Hal tersebut memberikan keuntungan untuk menghemat biaya impor barang. Barang-barang tambang memiliki berat dan proses pengiriman yang besar bagi negara yang tidak memiliki pertambangan sendiri. Sehingga, selain perlu mengeluarkan uang untuk membeli hasil tambangnya juga perlu biaya yang besar untuk melakukan pengiriman barang.

Sumber Lapangan Pekerjaan

Kegiatan pertambangan memerlukan tenaga manusia yang tidak bisa sedikit. Hasil tambang yang tersebar hampir di seluruh wilayah juga membuat banyaknya perusahaan pertambangan yang berdiri. Hal ini membuat kegiatan pertambangan menjadi sumber lapangan pekerjaan bagi banyak orang dan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

Meningkatkan Pendapatan Daerah dan Negara

Manfaat sumber daya tambang bagi Indonesia lainnya adalah meningkatkan pendapatan. Pertambangan memberikan devisa terbesar bagi negara. Selain itu, pengolah hasil kekayaan alam berupa tambang membuat perekonomian di sekitar lokasi pertambangan lebih maju. Masyarakat juga dapat mendirikan berbagai usaha disekitarnya seperti warung, tambal ban dan sebagainya.

Transportasi dan Komunikasi Semakin Maju

Pertambangan biasanya dilakukan pada lokasi yang terpencil. Lokasi-lokasi yang terpencil biasanya minim akses transportasi dan komunikasi. Dengan adanya kegiatan pertambangan membuat akses transportasi menjadi maju, karena jalanan yang diperlukan untuk akses menambang membutuhkan lebih dari satu jalan agar lancar. Sehingga, banyak jalan yang akan dibuka dan membuat masyarakat di sekitar pertambangan memiliki banyak akses jalan menuju ke daerah pusat.

Selain transportasi, kegiatan pertambangan juga dapat meningkatkan komunikasi. Banyaknya pekerja dan kegiatan untuk berkomunikasi di pertambangan juga mendorong pemilik perusahaan tambang ataupun operator untuk mendirikan tower sinyal di sekitar lokasi agar komunikasi berjalan lancar. Hal ini memberikan dampak yang positif untuk masyarakat sekitar.

Meningkatkan Kesadaran untuk Menjaga Lingkungan

Pasca kegiatan pertambangan biasanya membuat lingkungan sekitar tercemar. Pencemaran tersebut membuat warga sekitar menjadi lebih peduli dan terdorong untuk mengembalikan lingkungan menjadi hijau. Warga akan lebih sensitif dan peka terhadap aksi pencemaran lingkungan, sehingga hal ini berdampak positif untuk kedepannya.

Baca Juga: Manfaat Kegiatan Ekonomi Pertambangan Emas

Biasanya pertambangan dilakukan dengan mengebor tanah hingga ke dalam lapisan mantel bumi. Kegiatan ini pasti memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat sekitar. Namun, hal tersebut juga banyak memberikan manfaat bagi kebutuhan masyarakat dan negara. Tentunya dalam proses tersebut perlu diadakan upaya untuk mengurangi pencemaran dan dampak buruk lainnya.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.