Manfaat Tambang Emas dalam Kehidupan

Manfaat Tambang Emas dalam Kehidupan

Tahukan Anda, bahwa sebenarnya begitu banyak manfaat tambang emas dalam kehidupan masyarakat.

Sebelum Anda mengetahui manfaat tambang emas, Anda perlu tahu terlebih dahulu sejarah emas yang jarang orang ketahui. Serpihan emas pertama kali ditemukan pada tahun 1845 M oleh seseorang bernama John Marshall. Pada saat itu, Ia sedang membangun penggergajian untuk John Sutter di dekat Sacramento, California; yang menimbulkan penyelesaian Gold Rush California di Amerika Serikat.

Sampai saat ini penemuan serpihan emas yang bisa dibilang tidak disengaja itu menjadi sebuah barang yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Bahkan pada masanya, emas sempat menjadi alat tukar perdagangan sebelum akhirnya digantinya oleh uang.

Tidak hanya di Amerika Serikat, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang memiliki sumber daya emas yang cukup melimpah. Perusahaan swasta pertambangan emas dan juga Negara berperan penting dalam penemuan dan pengolahan sumber daya emas. Tidak sedikit juga Negara dapat mendatangkan investor asing untuk bergabung dalam proyek pertambangan emas di Indonesia.

Nilai sumber daya emas yang cukup tinggi menjadikan proyek pertambangan emas sangat menggiurkan. Tidak banyak warga lokal tertarik untuk bisa bekerja sebagai seorang pegawai di sebuah perusahaan pertambangan emas, bahkan ada yang rela untuk bekerja sebagai pegawai proyek pertambangan dimana bisa diketahui bahwa sebuah proyek pastilah panas, berdebu, tingkat keselamatan yang terkadang tidak cukup tinggi, serta juga jauh dari keluarga.

Pertambangan emas memiliki manfaat penting bagi kehidupan manusia. Berikut beberapa manfaat tambang emas dalam kehidupan:

Baca Juga: Inilah Ketentuan Lokasi Pertambangan yang Baik

Simbol Kekayaan

Manfaat tambang emas pertama yakni, mampu membuat status sosial masyarakat. Hal ini berhubungan dengan sesuatu yang disebut dengan “kekayaan”. Emas menjadi salah satu penanda bagi mereka yang memiliki kekayaan tertentu. Meskipun tidak selalu menjadi penanda kekayaan seseorang, memiliki emas sama dengan memiliki sedikit kekayaan.

Nilai Investasi

Emas memiliki nilai jual yang cukup tinggi, sehingga cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Khususnya pada masa pandemi ini. Di Indonesia harga emas Antam yang menjadi patokan menyentuh angka Rp800 ribu per gram. Ketika Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS cenderung kurang stabil, harga emas justru mencetak rekor. Memang, kalau dilihat dari datanya itu fluktuatif atau pergerakkannya naik turun. Tapi masih stabil dan cukup perkasa.

Kebutuhan Elektronik

Menariknya manfaat tambang emas juga memiliki peran penting dalam industri elektronik. Sebab, emas menjadi bagian penting pada alat-alat elektronik, salah satunya adalah telepon genggam dan juga laptop. Emas yang tidak mudah berkarat dapat digunakan untuk membuat barang-barang elektronik “cerdas” yang memiliki banyak fungsi canggih. Selain telepon genggam dan laptop, emas juga digunakan dalam industry pembuatan GPS, PDA, kalkulator canggih, dan sejenisnya.

Emas sebagai Hadiah bagi Para Juara

Kejuaraan-kejuaraan bergengsi di dunia, khususnya kejuaran pada bidang olahraga selalu memberikan hadiah kepada sang juata 1 berupa piala yang terbuat dari emas serta medali yang juga terbuat dari emas. Oleh karena itu, emas sangat direkomendasikan bagi “para juara” di seluruh dunia.

Baca Juga: 6 Hal Menarik Di Dalam Pertambangan Emas

Itulah beberapa manfaat tamban emas dalam kehidupan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa, kehidupan masyarakat banyak bergantung pada sumber daya emas. Dengan banyaknya manfaat emas pada kehidupan manusia, kita bisa menjadi lebih menghargai dunia pertambangan emas. Janganlah dilihat dari lingkungan yang “sementara rusak” karena dipinjam tetapi lihatlah jangka panjangnya bahwa emas bisa menghantarkan kita ke masa depan yang lebih maju dan modern.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.