Melimpahnya Hasil Tambang Di Indonesia

melimpahnya-hasil-tambang-di-indonesia-agincourt-resources

Sebagai satu negara kepulauan terbesar, hasil tambang yang ada di Indonesia begitu sangat melimpah. 

Ada sejumlah jenis hasil tambang yang telah banyak ditambang di negara Indonesia. Barang tambang ini tersebar pada beberapa lokasi di wilayah tanah air.

Tambang Minyak Bumi

Satu kekayaan tambang utama yang ada di Indonesia adalah minyak bumi. Dapat dikatakan bahwa minyak bumi ini memegang peran yang sangat besar dalam pemanfaatannya. Sehingga tambang minyak bumi ini memiliki nilai yang sangat ekonomis.

Di Indonesia, tambang minyak bumi dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku, dan juga Papua. Sebut saja seperti di daerah Riau, Muara Enim, Wonokromo, Blok Cepu di Cilacap, serta ada di Tarakan, dan beberapa wilayah lainnya.

Tambang Batu Bara

Tambang kedua yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia adalah batu bara. Batu bara juga menjadi satu tambang yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Batu bara ini diolah untuk menciptakan energi listrik dan juga panas. Bahkan, dalam pengoperasian pembangkit listrik, batu bara sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar untuk pengoperasian pembangkit listrik. Seperti halnya minyak bumi, tambang batu bara juga banyak ditemukan di beberapa wilayah Indonesia dari sisi Timur ke Barat.

Tambang Timah

Selain minyak bumi dan batu bara, tambang timah juga memainkan peran yang tak kalah besarnya karena kebutuhan akan timah yang sangat tinggi. Bahkan, Indonesia menempati posisi nomor empat di dunia dalam produksi timah setelah Cina, Malaysia, dan Peru. Pengelolaan timah ini dibutuhkan dalam produksi banyak barang yang dipakai manusia. Untuk wilayah tambang timah utama yang ada di Indonesia adalah Bangka Belitung, walaupun juga ada beberapa wilayah lainnya.

Tambang Emas

Ketika berbicara mengenai bahan tambang, tentu emas tak boleh luput dari pokok pembicaraan, selain jenis barang tambang yang sudah disebutkan di atas, emas juga menduduki posisi barang tambang dengan nilai ekonomis yang sangat tinggi. Emas dikenal sebagai logam mulia dengan nilai ekonomis yang sangat tinggi. Bahkan, emas juga telah digunakan sebagai satu mata uang sejak jaman dahulu.

Di Indonesia, ada beberapa wilayah lokasi tambang emas yang cukup terkenal. Salah satunya adalah yang berada di Papua. Namun, satu tambang emas lain yang juga memberikan kontribusi emas dalam negeri adalah lokasi tambang emas Martabe yang ada di Sumatera. Satu perusahaan tambang yang ikut berperan dalam melakukan proses penambangan dan pengelolaan barang tambang berupa emas batangan di lokasi ini adalah PT. Agincourt Resources.

Perusahaan ini merupakan perusahaan tambang yang bergerak di bidang eksplorasi dan juga pengolahan emas dan perak. Lokasi usahanya memang di pulau Sumatera, hanya saja untuk pengelolaan fungsi administratif yang lainnya, semuanya dilakukan dengan berpusat di wilayah ibu kota yaitu Jakarta. 

Ketahui lebih lengkap informasi mengenai perusahaan tambang PT. Agincourt Resource dengan cara mengunjungi kami di sini.