Mengapa Reklamasi Lahan Tambang itu Penting?

Beberapa Kegiatan Penghijauan Agincourt di Lingkungan Tambang

Reklamasi lahan tambang merupakan hal yang penting dilakukan oleh perusahaan.

Kegiatan pertambangan tentu erat kaitannya dengan kegiatan reklamasi, dan sudahkan Anda mengetahui alasan mengapa reklamasi lahan tambang perlu dilakukan? Reklamasi akan dilakukan ketika kegiatan pertambangan sudah dihentikan.

Kegiatan ini dianggap penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan pertambangan, tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Supaya lebih mengenal kegiatan reklamasi termasuk tujuan dan manfaatnya, maka bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Daerah Penghasil Tambang Emas di Indonesia

Tujuan Reklamasi Lahan Tamang

Kegiatan pertambangan adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengambil atau mengeksploitasi kekayaan alam yang berguna untuk kehidupan masyarakat. Proses pertambangan bisa dengan cara melakukan penggalian sekala besar maupun pengecoran. Hasil galian pertambangan ini bisa berupa minyak bumi, batu bara, emas, dan lain sebagainya.

Pada saat kegiatan pertambangan berlangsung, maka akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat maupun dari daerah lain. Hanya saja ketika sudah selesai biasanya akan meninggalkan bekas yang merugikan. Misalnya lahan memiliki lubang yang sangat besar serta kondisinya terganggu sehingga tidak bisa dimanfaatkan kembali, termasuk dimanfaatkan untuk lahan pertanian.

Efek pasca pertambangan ini, bisa ditekan dan dihindari dengan melakukan reklamasi lahan tambang. Reklamasi bertujuan untuk memperbaiki kerusakan alam yang ditimbulkan dari kegiatan pertambangan. Kerusakan yang dibiarkan akan mengancam keselamatan makhluk hidup sekitar, baik masyarakat setempat maupun tumbuhan dan hewan.

Tujuan lainnya dari reklamasi lahan tambang adalah untuk menciptakan kembali ekosistem yang baik di lahan bekas pertambangan. Sehingga reklamasi masuk ke dalam kegiatan untuk menyelamatkan alam dan lingkungan sekitar. Bisa untuk mengembalikannya seperti semula atau dijadikan sesuatu yang bermanfaat untuk penduduk sekitar.

Manfaat Dilakukannya Reklamasi Lahan Tambang

Reklamasi lahan tambang bisa dilakukan dengan berbagai cara, sehingga manfaat dari kegiatan ini cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah:

Bisa Dijadikan Tempat Wisata

Manfaat pertama reklamasi bisa untuk membangun tempat wisata baru. Sangat mungkin untuk dilakukan, karena bekas galian di lokasi pertambangan bisa diubah menjadi tempat wisata edukasi. Misalnya saja dibangun museum yang mengedukasi masyarakat mengenai kegiatan pertambangan sumber daya alam.

Bisa Digunakan sebagai Waduk

Kebanyakan perusahaan pertambangan melakukan reklamasi dengan mengubahnya menjadi waduk. Langkah ini ideal dilakukan karena lubang bekas galian biasanya sangat besar dan dalam. Supaya bisa tetap bermanfaat dan lebih bermanfaat, maka dijadikan tempat penampungan air atau waduk. Sehingga menyediakan sumber air bersih bagi masyarakat sekitar.

Dibuat Lahan Perkebunan

Lahan bekas pertambangan juga sering diubah menjadi lahan perkebunan. Memang membutuhkan proses lumayan panjang untuk memastikan lahan tersebut mengandung nutrisi yang cukup. Sehingga tanaman khas perkebunan baik itu kelapa sawit, buah-buahan, dan sebagainya bisa tumbuh dengan baik.

Dijadikan Pemukiman Penduduk

Lahan bekas pertambangan juga bisa diubah menjadi lahan pemukiman baru bagi masyarakat sekitar. Lahan ini nantinya akan diubah menjadi area yang kondusif dan aman untuk membangun tempat tinggal. Pilihan ini lumayan sering diambil khususnya jika masyarakat sekitar masih kesulitan memenuhi kebutuhan papan.

Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Adapun manfaat kedua dari lahan bekas tambang dipastikan akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat. Misalnya saja ketika diubah menjadi tempat wisata atau mungkin waduk. Maka akan memunculkan geliat masyarakat berjualan di sekitar.

Sedangkan jika diubah menjadi perkebunan maka masyarakat setempat bisa menjadi karyawan di dalamnya. Sehingga reklamasi yang dilakukan akan membawa manfaat ganda. Supaya pasca pertambangan masyarakat setempat tidak akan merasakan dampak merugikan, namun manfaat yang menguntungkan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Syarat Masuk Pertambangan Dalam Kondisi Pandemi

Reklamasi menjadi kegiatan penting dan perlu dipersiapkan dari awal oleh perusahaan pertambangan. Selain membantu mengatasi kerusakan lingkungan, reklamasi lahan tambang juga menjadi bentuk tanggung jawab perusahaan tambang terhadap masa depan masyarakat sekitar.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.