Mengintip Jejak Langkah PT Agincourt Resources

Jejak Langkah PT Agincourt Resources | Agincourt

PT Agincourt Resources (PTAR) merupakan sebuah perusahaan pertambangan yang berada di Indonesia.

Perusahaan tersebut bergerak di sektor eksplorasi, penambangan, dan pengolahan mineral batangan emas juga perak. Tempat beroperasi perusahaan ini berlokasi di Tambang Emas Martabe, Sumatera Utara. Perusahaan ini telah memiliki kontrak karya dengan pemerintah Indonesia yang berlaku selama 30 tahun dimulai dari 1997. PT Agincourt Resources (PTAR) adalah sebuah perusahaan pertambangan dengan basis di Indonesia yang bergerak di bidang eksplorasi, penambangan, dan pengolahan mineral batangan emas dan perak. Satu-satunya tempat operasinya adalah di Tambang Emas Martabe di Sumatera. Fungsi-fungsi perusahaan dikelola dari Jakarta. Luas wilayah Tambang Emas Martable berdasarkan Kontrak Karya berlaku generasi ke 6 selama 30 tahun dengan Pemerintah Indonesia dan pada awal Kontrak Karya di tahun 1997 luas wilayah adalah 6.560 km2.

Namun demikan, setelah beberapa kali pelepasan luas “Kontrak Karya” (KK), saat ini perusahaan memiliki luasan penambangan 130.252 hektar, atau 1.303 km². Area operasional berada diKabupaten Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Mandailing Natal. Luas Tambang Emas Martabe di Kabupaten Tapanuli Selatan seluas 479 hektar. Melihat hal tersebut tentu perusahaan ini telah memiliki cukup banyak pengalaman atau jejak langkah yang dapat kita ikuti dan pelajari. Bagaimana jejak langkahnya? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Aktivitas Agincourt yang Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

  • Tahun 1997

Kontrak karya generasi ke-6 diberikan oleh pemerintah Indonesia pada proyek Martabe. Kontrak tersebut berisi wilayah yang diizinkan untuk melakukan penambangan. Wilayah tersebut meliputi Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, dan Mandailing Natal.

  • Tahun 2001

PT Horas Nauli menjadi pengganti PT Danau Toba Mining dalam pengembangan Tambang Emas Martabe.

  • Tahun 2003

Lalu pada tahun 2003, PT Newmont Horas Nauli menjadi pengganti PT Horas Nauli.

  • Tahun 2006

Pada tahun ini, PT Agincourt Resources menjadi pengganti PT Newmont Horas Nauli untuk melanjutkan pengembangan Tambang Emas Martabe.

  • Tahun 2007

Oxiana menjadi pemilik proyek Martabe melalui akuisisi Agincourt Resources pada awal tahun 2007. Setelah melakukan peninjauan Definitive Feasibility Study (DFS), dewan manajemen Oxiana memberikan persetujuan atas pengembangan proyek emas serta perak Martabe pada akhir Desember 2007.

  • Tahun 2008

Pada tahun ini, Agincourt memperoleh studi kelayakan, AMDAL, dan Izin mendirikan bangungan Tambang Emas Martabe. Kegiatan pembangunannya tersebut dimulai dari pembukaan akses, pembangunan pada wilayah laydown juga camp, dan mempersiapkan pembangunan wilayah instalasi.

  • Tahun 2009

Pada tahun ini, perusahaan G-Resources (perusahaan yang terdaftar di bursa Hong Kong) mengambil alih kepemilikan pengembangan proyek Tambang Emas Martabe pada bulan Juli 2009.

  • Tahun 2011

Proyek Tambang Emas Martabe telah mencapai puncak kegiatan pembangunan pada tahun ini. Proyek ini menyerap lebih dari 4.000 tenaga kerja. Sejumlah 40% dari total tenaga kerjanya tersebut merupakan masyarakat sekitar Tapanuli Selatan dan daerah lainnya di Sumatera Utara.

  • Tahun 2012

Pada tahun ini terjadi pengalihan 5% saham dari PT Agincourt Resources kepada pemerintah kabupaten Tapanuli Selatan dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

  • Tahun 2016

Pimpinan konsorsium EMR Capital menggantikan G-Resources sebagai pemegang saham utama.

  • Tahun 2017

Pada tahun ini, program eksplorasi dan pengembangan sumber daya meliputi 120.000 meter tanah yang dibor dengan menggunakan 15 rig. Hasil eksplorasi ini memberikan tambahan Sumber Daya Mineral Emas sebesar 8,8 juta ons dan cadangan bijih emas sebesar 4,7 juta ons.

  • Tahun 2018

Kepemilikan saham terbesar beralih kepada PT Danusa Tambang Nusantara.

Baca Juga: Beberapa Bentuk Kepedulian Sosial Agincourt Kepada Masyarakat

Nah, itu dia jejak langkah PT Agincourt Resources. Semoga bisa memberikan Anda pengetahuan lebih tentang perusahaan ini. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.