Mengintip Proses Penambangan Emas

mengintip proses penambangan emas

Proses penambangan emas memang cukup panjang, dan sepertinya hal ini sudah diketahui oleh publik secara luas.

Panjangnya proses penambangan membuatnya susah untuk diangkat ke permukaan bumi. Hal ini kemudian menjadi salah satu alasan kenapa harga emas terus naik, selain karena persediaan emas di bumi semakin menipis saat permintaan tinggi. Meskipun harga emas di pasaran dipengaruhi oleh banyak faktor, namun kali ini kita akan mencoba membahas bagaimana proses penambangan emas. Sebab, tahapan untuk menambang emas dari dalam perut bumi hingga sampai ke permukaan dan bisa terlihat berkilau indah seperti yang tersedia di pasaran sangatlah panjang.

Baca Juga: Potensi Saham Tambang Emas di Indonesia

Proses Penambangan Emas Secara Umum

Proses penambangan emas pada dasarnya sama dengan penambangan komoditi lain. Kegiatan ini dimulai dengan mencari lokasi yang diketahui punya potensi bijih emas dalam jumlah tertentu.  Selanjutnya, untuk mengetahui ada tidaknya bijih emas, perkiraan persediaannya di perut bumi, dan seberapa dalam bijih emas tersebut tersimpan di bumi tadi. Setelah diketahui detailnya, maka kegiatan pertambangan akan dimulai. Perusahaan pertambangan emas besar dan resmi akan memilih menambang emas di dalam bumi. Sebab persediaannya lebih banyak dibandingkan yang ada di permukaan bumi. Proses ini tentu dimulai dengan melakukan galian, yakni mmebangun terowongan untuk menghubungkan pekerja dengan bongkahan batu.

Bongkahan batu ini kemudian diangkat ke permukaan bumi dan melewati tahap pengikisan. Hal ini untuk mengambil bijih emas yang tertutup oleh lapisan luar yang sekilas mirip batu dan kotoran. Proses penambangan emas ini dilakukan secara modern oleh kebanyakan perusahaan penambangan besar. Metode pengikisan modern yang dimaksudkan antara lain:

Hidrometalurgi

Metode pengikisan modern yang pertama adalah hidrometalurgi, yakni dengan menggunakan larutan yang dikombinasikan dengan suatu zat pereaksi kimia. Jadi, bongkahan batu tadi dicelupkan atau dimasukan ke dalam larutan tersebut, sehingga bijih emas akan terlepas dari material lain yang disebut sebagai pengotor.

Tahap selanjutnya di dalam proses penambangan emas lewat metode hidrometalurgi ini adalah pemekatan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan konsentrasi logam mulia sesuai keinginan. Disusul tahap akhir, yakni tahap pengambilan atau recovery logam mulia (emas) setelah melewati dua tahap tadi.

Pirometalurgi

Metode pengikisan bijih emas yang kedua adalah pirometalurgi, yakni metode pengikisan dengan memanfaatkan suhu tinggi. Suhu tinggi ini didapatkan dari proses pembakaran yang kemudian didekatkan dengan bongkahan bijih emas. Proses ini kemudian akan mengikis permukaan bongkahan yang menutup emas secara cepat. Tahapan di dalam metode pirometalurgi sendiri terbagi menjadi lima, yaitu:

  • Pengeringan, yakni untuk mengurangi dan menghilangkan kelembaban pada bongkahan batu yang di dalamnya terdapat bijih emas. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan proses pemanasan dengan suhu tinggi tadi.
  • Kalsinasi, yakni tahap dekomposisi dari bongkahan batu yang sudah dikeringkan tadi menggunakan tungku atau furnace. Proses ini akan membantu merubah struktur dari tanah, sehingga bisa terkikis dan menyisakan lapisan terdalam yang merupakan bijih emas.
  • Pemanggangan, yakni memanggang material bongkahan batu usai tahap kalsinasi. Pengaturan suhu disesuaikan dengan titik didih material, biasanya di bawah titik didih ini.
  • Peleburan, sesuai dengan namanya pada tahap ini material yang sudah dipanaskan akan dileburkan dan masih menggunakan panas atau suhu tinggi.
  • Pemurnian, pada tahapan ini semua material yang melapisi bijih emas akan diambil dengan tujuan mengambil bijih emas di bagian paling dalam.

Metode pengikisan lapisan bijih emas di atas memang tetap memerlukan waktu lama. Namun, lebih singkat dari pada memakai metode tradisional dan tentunya lebih aman dibanding menggunakan merkuri sebagaimana proses penambangan emas yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

Baca Juga: Lebih Baik Investasi Emas atau Saham?

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.