Mengulik Beragam Alat Pertambangan Emas

Mengulik Beragam Alat Pertambangan Emas

Alat pertambangan merupakan salah satu instrumen penting dalam industri pertambangan emas.

Aktivitas pertambangan banyak dilakukan di negara Indonesia. Mulai dari pertambangan minyak, pertambangan batu bara, dan juga pertambangan emas. Di dalam dunia pertambangan, khususnya pertambangan emas, para pekerja bekerja mengambil mineral emas tersebut menggunakan alat-alat berat.

Alat pertambangan emas juga sangat beragam. Selain ukurannya yang besar, fungsi alat berat tambang tersebut juga penting. Tanpa adanya alat berat tambang, proses untuk mencari dan menggali emas tidak akan mudah. Pekerja juga akan mengalami kesulitan tersendiri.

Baca Juga: 5 Upaya Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang

Beragam Alat Tambang Emas

Proses pertambangan sendiri memiliki dua cara, yaitu penambangan terbuka dan penambangan bawah tanah. Penambangan terbuka berarti proses tambang dilakukan di area permukaan kulit bumi. Penambangan bawah tanah berarti proses tambangnya berada di bawah tanah.
Memang kedua cara penambangan tersebut membutuhkan alat berat yang beda. Tetapi, pada intinya, alat pertambangan memiliki fungsi atau kegunaan yang sama. Lalu, apa saja alat-alat berat tambang tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:

Wheel Loader

Alat Wheel loader sering ditemukan di area tambang sebagai alat untuk memindahkan hasil-hasil tambang ke atas truk pemuat. Wheel loader menggunakan ban untuk penggerak. Hal ini membantu proses produksi berjalan dengan efisien atau mobilitasnya tinggi dan cepat.

Dragline

Alat berat ini berfungsi untuk mengangkut muatan yang ada di area lapangan dan menggali tanah. Dragline biasanya tidak ditempatkan di area tambang langsung, tetapi di area yang baik. Penggalian jadi lebih cepat dan efektif karena jangkauannya luas.

Bulldozer

Alat pertambangan ini sangat mudah dijumpai di area pertambangan. Karena bulldozer sendiri memiliki fungsi yang sangat beragam. Fungsi tersebut yaitu meratakan tanah atau membersihkan area tambang yang kasar karena batu-batuan, mendorong benda berat, menimbun tanah bekas galian, menarik alat berat, mimindahkan tanah, dan masih banyak lagi.

Dump Truck

Alat ini memiliki dua jenis, yaitu berdasarkan tenaga penggeraknya dan berdasarkan cara dumping. Dump truck memiliki fungsi untuk mengangkut endapan, batuan, tanah, dan material lainnya dalam jarak sedang. Sifatnya yang fleksibel juga membantu dalam proses produksi dalam membawa banyak barang.

Excavator

Excavator banyak digunakan dalam bidang konstruksi. Tetapi excavator sendiri multifungsi, jadi bisa digunakan untuk di area pertambangan. Biasanya excavator berfungsi sebagai alat mengangkat material-material yang berada di lapisan teratas. Bukan hanya untuk memindahkan dan memuat material saja, tetapi excavator juga bisa untuk menggali.

Conveyor Belt

Conveyor belt memiliki kapasitas yang tinggi dalam memindahkan barang tambang, seperti batu, pasir, tanah, dan material lainnya ke tempat lain. Kelebihannya, conveyor belt membuat kinerja yang ada di area pertambangan menjadi lebih cepat. Conveyor belt juga mampu bekerja dalam jangka waktu yang panjang atau lama.

Scrapper

Alat pertambangan yang satu ini bentuknya hampir menyerupai traktor yang di bagian bawahnya terdapat sisir. Scrapper berfungsi untuk mengikis lapisan atas tanah di area pertambangan. Kemudian, tanah yang dikikis tersebut dipindahkan atau diangkut untuk ditimbun di area penimbunan yang telah disediakan.

Moto Grader

Agar mobilisasi dump truck lebih mudah, maka alat berat tambang yang digunakan sebagai pendukung adalah moto grader. Fungsinya adalah untuk meratakan lapisan tanah di permukaan. Hal ini membuat jalan atau area yang dilewati alat berat lainnya tidak terganggu karena adanya batu-batuan kasar.

Baca Juga: Pengertian Pertambangan yang Jarang Diketahui

Alat pertambangan yang diperlukan untuk melakukan proses penambangan sangat banyak. Alat-alat tambang tersebut juga memiliki fungsinya masing-masing yang dapat menunjang proses penambangan jadi lebih cepat dan efektif. Pastikan alat-alat tambang tersebut dikendalikan oleh orang yang berpengalaman dan sudah ahlinya.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.