Mengulik Hasil Tambang Emas di Indonesia

Mengulik Hasil Tambang Emas di Indonesia

Industri tambang emas di Indonesia tumbuh dengan subur dan menariknya masih banyak hasil selain emas.

Indonesia bisa dikatakan sebagai surga untuk usaha petambangan karena ada banyak kekayaan alam yang bisa didapatkan disini. Misalnya batubara atau logam mulia seperti emas. Papua dan beberapa daerah lainnya bahkan dikenal sebagai penghasil tambang emas di Indonesia dengan produksi sangat besar.

Pertambangan di Indonesia juga menyumbang emas di seluruh dunia, dan banyak perusahaan pertambangan emas tumbuh. Namun, apakah semua pertambangan emas ini hanya akan menghasilkan emas saja? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Wajib Tahu, Inilah Pengertian Barang Tambang Emas

Hasil Tambang Emas di Indonesia

Rupanya dalam kegiatan pertambangan logam mulia, hasil yang didapatkan tidak hanya emas saja. Emas bukanlah komoditas utama dalam industri tambang, sebab masih ada hasil lain yang didapatkan. Komoditas di dalam pertambangan emas adalah bijih yang mengandung berbagai jenis mineral.

Pengolahan bijih ini kemudian mendapatkan beberapa komoditas berharga lainnya. Menambang bijih akan didapati tembaga, emas, dan juga perak yang semuanya bisa dikomersilkan tidak hanya di Indonesia, namun juga di dunia. Sehingga setiap perusahaan tambang emas di Indonesia memperoleh komoditas berharga yang beragam.

Komoditas paling besar yang didapatkan sebenarnya bukanlah emas, melainkan tembaga disusul emas, dan kemudian perak. Keuntungan besar dari industri tambang emas ini kemudian memunculkan pertumbuhan pertambangan yang signifikan. Semakin banyak pula daerah di Indonesia yang dikenal sebagai daerah penghasil emas. Sehingga menjadi magnet bagi industri pertambangan untuk melakukan eksplorasi.

Daerah Pertambangan Emas Terbesar di Indonesia

Sampai saat ini tercatat ada beberapa daerah berikut yang dikenal menghasilkan produk emas dalam skala besar:

Tambang Emas Martabe

Lokasi atau daerah pertama yang dikenal sebagai penghasil emas terbesar di Indonesia adalah tambang emas Martabe. Ada di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dan juga ditemukan perak maupun tembaga. PT Agincourt Resources menjadi salah satu perusahaan tambang emas Indonesia yang beroperasi di Martabe ini.

Tambang Emas Batu Hijau

Sumbawa juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil emas besar di tanah air, yaitu tambang emas Batu Hijau. Tepatnya ada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan industri emas yang beroperasi disini ada PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

Tambang Emas Tujuh Bukit

Tambang emas terbesar berikutnya ada tambang emas Tujuh Bukit yang disebut juga dengan istilah Tumpang Pitu. Lokasi dari pertambangan ini ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Saat ini dikelola oleh PT Bumi Suksesindo (BSI) yang beroperasi sejak tahun 2016.

Tambang Emas Pongkor

Berikutnya ada tambang emas Pongkor, dan sesuai namanya memang berada di daerah Pongkor, Jawa Barat. Kabarnya daerah ini memiliki kandungan emas yang tinggi dibanding daerah lain di Indonesia. Sampai saat ini pertambangan belum maksimal karena masih terjadi bentrok antara penambang liar dengan pengelola resmi.

Tambang Emas Gosowong

Tambang emas Gosowong yang berada di Halmahera, Maluku juga menjadi daerah tambang emas besar di Indonesia. Sudah dikelola sejak tahun 1997 oleh salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yaitu PT Aneka Tambang.

Tambang Emas Kencana

Masih di Maluku, juga ada industri pertambangan bernama tambang emas Kencana yang tepatnya ada di Maluku Utara. Tambang emas satu ini dikenal menjadi tambang emas paling ekstrim dan berbahaya. Sebab lokasi pertambangan jauh di bawah perut bumi.

Baca Juga: Pertambangan Emas Sumber Kemakmuran Rakyat

Pertambangan di Indonesia yang cukup subur yang pertama adalah emas, kemudian disusul batubara dan tambang mineral lainnya. Industri tambang emas di Indonesia terus berkembang karena hasil komoditas yang didapatkan cukup beragam. Ditambah emas menjadi logam mulia yang banyak dicari di dunia.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.