Menilik 12 Istilah Dalam Pertambangan Emas

Menilik 12 Istilah Dalam Pertambangan Emas

Tahukah Anda bahwa terdapat banyak istilah dalam pertambangan emas? 

Dari banyaknya istilah, sebaiknya Anda perlu ketahui 12 istilah dalam pertambangan emas. Mengetahui istilah ini dapat berguna agar ketika Anda bekerja di lapangan tidak kaku. Sebab 12 istilah ini sering sekali digunakan dalam lingkup pertambangan emas.

Istilah yang dimaksud adalah istilah dalam pertambangan, atau biasa disebut juga dengan mining terminology. Istilah – istilah ini sering digunakan di dalam lingkungan kerja di pertambangan. Jadi, untuk Anda yang berencana bekerja di lingkungan pertambangan sepertinya wajib untuk mulai mengenal 12 istilah dalam pertambangan berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Pengolahan Emas Tanpa Merkuri

Backfill

Istilah ini bisa termasuk kategori kata kerja maupun kata benda. Jika merujuk pada kata kerja, backfill adalah istilah untuk aktivitas menutup atau mengurug bekas galian. Langkah ini dimaksudkan sebagai tanggung jawab moral kepada alam dan tidak meninggalkan lahan bekas pertambangan dalam kondisi rusak.

Sementara jika merujuk pada kata benda, backfill berarti batuan yang digunakan untuk mengurug tanah tersebut. Bisa menggunakan tanahdi sekiar galian, maupun menggunakan tanah dari luar wilayah pertambangan.

Berm

Berm adalah istilah dalam pertambangan berupa semacam lereng yang sengaja dibangun untuk menahan longsor di area pertambangan. Selain sebagai dinding teras dan tanggul, fungsi dari berm ini juga sebagai rute angkut yang digunakan oleh truk-truk yang mengangkut hasil tambang dari jenis pertambangan terbuka.

Contamination

Istilah ini digunakan untuk bahan galian yang statusnya masih tercampur dengan material lain yang tidak dibutuhkan.

Delay

Kata delay adalah istilah untuk menyebutkan waktu kosong selama kegiatan pertambangan, akan tetapi kekosongan waktu tersebut berjalan sesuai rencana dan dapat diperkirakan. Istilah ini mencakup beberapa kegiatan seperti waktu istirahat (Rest Time), Moving, Refuelling, dan lain sebagainya.

Fleet

Arti penggunaan istilah ini adalah sekumpulan kendaraan berat atau armada yang digunakan selama proses pertambangan. Contohnya seperti Bulldozer, Excavator, Truck, Grader, dan lain sebagainya.

General Work

Istilah ini digunakan menyebutkan hal-hal yang menunjang kelancaran dalam proyek pertambangan, misalnya drainasi, cleaning, grubbing, dan lain sebagainya.

Grade

Grade digunakan untuk menunjukkan kadar atau kandungan mineral yang terdapat dalam bijih yang telah ditambang. Untuk bahan tambang emas, biasanya lebih spesifik dengan menggunakan istilah ‘ore’.

Rain

Merujuk pada artinya sendiri yaitu hujan, istilah ini digunakan untuk menunjukkan waktu selama hujan turun.

Request Level (RL)

Digunakan untuk menyebut level, elevasi, atau ketinggian yang sudah dan sesuai dengan tujuan.

Sump

Sump adalah kolam kecil yang menampung air yang keluar dari area galian untuk sementara waktu. Posisinya biasanya ada di tempat yang paling rendah, dan dapat ditemukan di tambang dalam maupun tambang yang terbuka. Setelah ditampung di sump ini, selanjutnya air akan dipompa menuju ke luar tambang.

Waste

Kata ini sering digunakan untuk menyebut barang-barang yang sudah tidak dipakai dan bolh untuk dibuang.

Water Spraying

Istilah ini digunakan untuk menyebut aktivitas penyiraman air ke jalan yang gersang yang bertujuan untuk menjaga kelembaban udara dan mengurangi polusi debu yang beterbangan.

Baca Juga: Manfaat Sumber Daya Tambang Yang Perlu Diketahui

Demikianlah 12 istilah dalam pertambangan yang sering digunakan di semua lingkungan pertambangan, termasuk lingkungan pertambangan emas. Bagaimana? Apa ulasan dalam artikel ini menambah wawasan Anda? Usahakan untuk selalu memperbarui istilah dalam dunia pertambangan. supaya menambah ilmu lapangan dan juga mendukung aktivitas kerja Ada di lingkungan pertambangan.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.