Menilik Usaha Tambang Emas di Indonesia

Menilik Usaha Tambang Emas di Indonesia

Untuk mendapatkan penghasilan yang besar, Anda bisa memulai usaha dalam bidang pertambangan emas.

Usaha tambang emas, membutuhkan modal dengan jumlah yang tidak sedikit. Namun hal ini sepadan dengan keuntungan yang akan Anda peroleh. Pertambangan minerba di Indinesia, telah menjadi salah satu usaha yang  menjanjikan dan menduduki peringkat pertama sumber pendapatan negara, jika dibandingkan dengan jenis usaha lainnya.

Dari zaman orde baru hingga sekarang, usaha pertambangan emas selalu diminati oleh para pengusaha di Indonesia. Bahkan banyak investor asing yang menanamkan modalnya di sektor pertambangan emas di negeri ini. Pasalnya, usaha dalam bidang pertambangan memang memberikan hasil yang cukup menggiurkan. Maka tidak heran jika semakin banyak pengusaha yang melakukan investasi dibidang pertambangan emas.

Baca Juga: Mengenal Alat Berat Tambang Emas dan Fungsinya

Prospek Usaha Tambang Emas di Indonesia

Prospek usaha tambang emas di Indonesia tergolong masih baik dan menguntungkan. Mengingat situasi negara, khususnya di bidang politik, ekonomi dan sosial sedang kondusif serta didukung harga emas dunia yang terbilang stabil. Jadi, kegiatan usaha tambang emas saat ini bisa berjalan cukup lancar. Adapun beberapa faktor penting yang mempengaruhi prospek industri pertambangan emas di Indonesia, antara lain:

Faktor Kekuatan

Sektor pertambangan emas menjadi salah satu pilar untuk memajukan ekonomi nasional dan merupakan salah satu jenis industri yang memiliki peranan penting bagi kemajuan masyarakat di Indonesia. Sumber daya mineral emas yang masih berlimpah, serta harganya yang tinggi sebagai komoditas ekspor sumber daya alam utama dapat meningkatkan minat para investor untuk berinvestasi dalam bidang pertambangan.

Meskipun nilai keuntungan pertambangan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata secara global. Namun nilai keuntungan dari investasi tambang emas di Indonesia saat ini masih cukup kuat.

Faktor Kelemahan

Sulitnya regulasi pertambangan untuk mengontrol secara maksimal perusahaan-perusahaan tambang legal maupun ilegal adalah hal utama yang menjadi faktor kelemahan pada industri pertambangan. Bahkan antara regulasi pemerintah pusat dan daerah sering tidak komprehensif dalam pemberlakuannya. Ditambah masih terdapat pula kerancuan dalam regulasi minerba. Hal-hal ini bisa menyebabkan kerugian yang dialami tidak hanya pengusaha tetapi juga negara.

Faktor Tantangan

Bicara tentang faktor tantangan, maka tantangan terberat yang harus dihadapiyaitu ketika terjadi perubahan paradigma di berbagai sektor. Contohnya, jika perubahan tersebut terjadi di sektor politik, dimana ketidakstabilan politik suatu negara, tujuan ekspor mengakibatkan ada pembatasan aktivitas ekspor hasil tambang emas. Padahal emas sudah diproses menjadi bahan baku.

Lalu pada sektor sosial, terjadi pengurangan lahan usaha baik untuk kebutuhan eksplorasi maupun eksploitasi tambang demi pembangunan fasilitas sosial. Contoh lainnya di sektor lingkungan, dimana ada stigma negatif di masyarakat bahwa, usaha pertambangan selalu berdampak buruk pada lingkungan karena masih terdapat perusahaan pertambangan emas nakal yang kurang memperhatikan pentingnya sistem nnalisis dampak lingkungan.

Faktor Peluang

Melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), diketahui bahwa sektor pertambangan emas sangat berperan aktif dalam mengembangkan komunitas masyarakat di wilayah pertambangan. Baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan juga pemberdayaan bagi para generasi muda.

Perkembangan diseluruh bidang tersebut bersifat mutualisme. Artinya, saling berhubungan dan menguntungkan satu sama lain. Banyaknya proyek pertambangan di Indonesia, dinilai mampu memberikan kesempatan peningkatan kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya warga sekitar area tambang, karena banyak terbuka lapangan pekerjaan. Dengan begitu, penghasilan pun meningkat dan dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan, tidak hanya kebutuhan hidup tetapi juga pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga: Apakah Investasi Emas Batang Menguntungkan?

Itulah penjelasan singkat mengenai usaha tambang emas di Indonesia. Melihat penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa usaha tambang di Indonesia cukup menjanjanjikan. Bagaimana? Apakah Anda berminat untuk menilik usaha tambang emas?

Jika Anda tertarik emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.