Menjaga Lingkungan Pertambangan Emas Dengan Revegetasi

menjaga-lingkungan-pertambangan-emas-dengan-revegetasi-agincourt

Menjaga lingkungan pertambangan wajib diketahui berbagai perusahaan pertambangan.

Sektor umum yang sering berdampak oleh pertambangan adalah lingkungan, untuk itu perusahaan perlu menjaga lingkungan pada wilayah pertambangan. Beberapa cara menjaga lingkungan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reklamasi (menutup kembali bekas galian tambang), menanam buah-buahan untuk membuat burung dan kelelawar membantu menyuburkan tanah bekas tambang, memanfaatkan  mikroorganisme untuk membantu pertumbuhan tanaman sekitar, fitoremediasi (menggunakan tanaman berklorofil untuk menyerap kandungan polutan tanah), ataupun revegetasi tanah.

Baca Juga: Unik! Ternyata Ada Pohon Natal Emas yang Mewah dan Mahal

Revegetasi merupakan upaya menjaga lingkungan oleh perusahaan untuk memperbaiki dan memulihkan lingkungan akibat pertambangan melalui penanaman dan pemeliharaan lahan pertambangan. Pemilihan tanaman untuk revegetasi tambang didasari kondisi dan tata ruang dari lahan tambang agar revegetasi dapat berkembang dengan baik. 

Pemilihan Tanaman untuk Revegetasi Tambang

1. Cover Crops (Tanaman Penutup Tanah)

Tanaman penutup tanah biasanya merupakan pilihan pertama dalam revegetasi tambang kehutanan. Fungsi dari tanaman penutup adalah melindungi area pertambangan. Tanaman penutup tanah menjalar yang sering kali digunakan antara lain Calopogonium caeruleum (kacang-kacangan), Centrosema pubescens (tanaman polong), Desmodium ovalifolium (tanaman tidak menjalar), Calopogonium mucunoides (kacang asu), Mucuna cochinchinensis (kacang jangka pendek), Pueraria phaseoloides (tanaman legum), Psophocarpus palustris (tanaman kecipir), dan Pueraria javanica (kacang ruji). 

Tanaman penutup tanah memiliki berbagai manfaat dalam menjaga lingkungan wilayah pertambangan, seperti:

  • Dapat menahan derasnya laju air limpasan
  • Pelapukan dapat dipercepat
  • Dapat melindungi dari erosi pada lapisan permukaan tanah
  • Dapat menahan derasnya curah hujan
  • Pertumbuhan gulma dapat ditekan
  • Dapat menambah Nitrogen dalam tanah

Pemilihan tanaman untuk revegetasi tambang juga perlu memperhatikan kondisi iklim penanaman, karena waktu terbaik dalam melakukan penanaman adalah memasuki awal musim hujan. Tanaman penutup tanah juga perlu dirawat dengan pemupukkan agar tanaman lebih cepat tumbuh, penanganan khusus seperti pemantauan dan pemotongan secara rutin guna memastikan tanaman penutup tidak menghalangi tumbuh tanaman lain.

2. Fast Growing Plant (Tanaman yang Cepat Tumbuh)

Jenis tanaman cepat tumbuh sebaiknya ditanam sesegera mungkin, bahkan bersamaan dengan tanaman penutup tanah. Berbagai manfaat tanaman cepat tumbuh, antara lain:

  • untuk melindungi tebing atau tanaman pokok
  • mematahkan laju angina
  • menambah asupan bahan organik
  • mengurangi intensitas suhu dan cahaya
  • menjaga kestabilan kelembaban tanah
  • meningkatkan dan memperbaiki kelembapan udara

Tanaman cepat tumbuh memiliki berbagai manfaat penting bagi wilayah pertambangan, sehingga pemilihannya tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Upaya menjaga lingkungan dengan revegetasi tanaman cepat tumbuh perlu dibekali dengan berbagai wawasan seluk beluk tanaman yang akan digunakan. Tanaman cepat tumbuh yang sering digunakan antara lain sengon laut, lamtoro, akasia, turi, gamal, dll. Untuk kriteria pemilihannya, Anda bisa terapkan 7 tips berikut:

  • Tidak gugur di musim tertentu
  • Dapat bertumbuh cepat dan baik di tanah yang kurang subur
  • Tidak akan menjadi inang atau penyakit
  • Bukan menjadi pesaing air serta hara bagi tanaman pokok 
  • Tahan angin
  • Mudah dimusnahkan

Tanaman jenis ini sebaiknya segera ditanam ketika memasuki awal musim hujan agar terhindar dari kematian karena kurang air saat kemarau.

Baca Juga: Penting! 5 Cara Menabung Emas di Rumah yang Pasti Aman

3. Tanaman Lokal (Indigenous species)

Tanpa disadari, bibit tanaman lokal sudah tumbuh di sekitar area pertambangan. Biasanya tanaman lokal susah tumbuh ketika berada di lahan terbuka. Untuk itu, membangun kerjasama dengan warga lokal dapat membantu pemilihan bibit yang sesuai untuk upaya menjaga lingkungan di sekitar pertambangan.  

Upaya menjaga lingkungan dapat Anda lakukan dengan pemilihan tanaman untuk revegetasi untuk area tambang. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.