Mesti Tahu! Berikut 6 Manfaat Emas Bagi Kehidupan Manusia

mesti-tahu-berikut-6-manfaat-emas-bagi-kehidupan-manusia-agincourt

Bukan hanya untuk menunjukkan kekayaan, ternyata manfaat emas juga dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sudah banyak orang menggunakan manfaat emas sebagai lahan investasi maupun perhiasan semata demi memuaskan keinginan dan gaya hidup diri sendiri. Tidak mengherankan apabila nilai logam mulia di pasaran terbilang sebagai benda mewah karena proses penambangannya sendiri sangat sulit. Selain dibutuhkan keahlian, juga dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan sampai emas dapat digunakan oleh banyak orang.

Baca Juga: 3 Fakta Tentang Inflasi Emas di Masa Pandemi

6 Manfaat Emas dalam Kehidupan

Seperti yang telah diutarakan di atas, fungsi atau manfaat dari emas bukan hanya untuk perhiasan semata. Logam Mulia (LM) akan memberikan manfaat tidak terduga bagi siapa saja pemiliknya, seperti:

1. Konduktor Smartphone

Logam mulia adalah benda berkilauan yang juga baik sebagai konduktor pada smartphone. Banyak orang menggunakan smartphone, namun sedikit orang menyadari bahwa di dalam benda favorit tersebut ada kandungan emas guna mendukung operasional smartphone sehari-hari. Fungsi emas tidak hanya dapat ditemukan pada smartphone, namun banyak sekali benda elektronik lain. Ambil contoh saja GPS, kalkulator modern, dan masih banyak lagi barang elektronik menggunakan kandungan logam mulia karena memang konsentratnya baik untuk kelistrikan.

2. Pelapis Gedung Kaca

Ketika melihat gedung-gedung tinggi yang terbuat dari kaca, pernahkah Anda bertanya, apakah kondisi di dalamnya tidak panas? Sebab, kaca adalah penghantar panas cukup dominan. Alasan estetika memang dijadikan salah satu sebab pembangunan dengan kaca. Namun, selain itu tersemat juga manfaat emas yang dicampurkan ke dalamnya untuk mencegah efek radiasi begitu tinggi dari pantulan sinar matahari pada kaca. Jadi, jawabannya apakah suasana di dalam kepanasan, tentu tidak sama sekali, apalagi ada ac.

3. Tambalan Gigi

Manfaat ketiga dari penggunaan emas dalam kehidupan manusia adalah memperbaiki gigi berlubang. Ketika melihat orang tertawa memperlihatkan gigi emas mereka banyak orang menganggapnya sebagai pamer. Padahal, gigi tersebut ditambal karena memang berlubang. Aspek estetika memang secara otomatis didapatkan, namun lebih dari itu, aspek kesehatan jauh lebih utama. Jenis tambalan sebenarnya ada banyak, beberapa orang memilih warna mentereng barangkali untuk menambah kepercayaan diri karena kekurangan di baliknya.

4. Menambah Kokoh Bangunan

Ketika melihat sebuah bangunan berlapis emas, otomatis kita akan beranggapan betapa kayanya pemilik bangunan tersebut. Zaman sekarang sepertinya sudah jarang ditemukan karena bangunan berlapis logam mulia banyak digunakan oleh orang pada zaman dulu. Namun, sadarkah Anda ketika bangunan tersebut masih bertahan sampai saat ini, itu artinya manfaat emas bukan hanya untuk segi keindahan, tetapi juga untuk membuat bangunan lebih tahan lama dari bangunan lainnya. 

5. Pelapis Pesawat Luar Angkasa

Pembuatan pesawat luar angkasa juga menggunakan logam mulia pada bagian luar maupun dalam pesawat. Penempatan logam mulia pada bagian luar berfungsi untuk menangkal radiasi sangat hebat ketika pesawat meninggalkan atmosfer bumi.  Sementara itu penempatan logam mulia pada bagian dalam pesawat ditujukan sebagai konduktor. Persediaan berbagai bahan secara tepat sasaran adalah senyawa utama bagi para Astronaut untuk memberi pelajaran terkait Benda apa saja di luar angkasa. 

6. Komposisi Kosmetik

Manfaat terakhir dari penggunaan emas untuk kehidupan adalah menjadi salah satu bahan pembuatan kosmetik. Biasanya produk kosmetik dengan komponen emas ditujukan bagi usia 30 tahun ke atas.  Pada usia tersebut orang-orang sudah membutuhkan perawatan ekstra. Merawat diri sendiri atau ke salon, fungsi dari penambahan emas adalah untuk mengurangi kerutan dan berbagai tanda penuaan lainnya. Manfaat emas yang terakhir ini sepertinya menjadi favorit para wanita. Terutama untuk kalangan cukup berumur karena menyangkut dengan kecantikan fisik wanita modern.

Baca Juga: Wow, Inilah 5 Limbah Barang Elektronik yang Banyak Mengandung Emas

Demikian keenam manfaat emas bagi kehidupan. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.