Metode Penambangan Emas Underground Hard Rock Mining

Metode-Penambangan-Emas-Underground-Hard-Rock-Mining-agincourt-resources-perusahan-pertambangan-indonesia

 Terdapat banyak sekali metode penambangan emas, salah satunya adalah underground hard rock mining.

Keberadaan sebagian besar bahan tambang yang harus ditambang terletak di dalam perut bumi. Sehingga dibutuhkan proses dan metode penambangan bawah tanah untuk dapat memperoleh hasil tambang tersebut. Metode ini diterapkan pada sejumlah bahan tambang tertentu yang termasuk minyak bumi, batu bara, dan juga emas.

Baca Juga: Berbagai Jenis Metode Pertambangan Emas

Penambangan Emas

Dibeberapa waktu terakhir, penambangan emas mendapatkan perhatian yang terus meningkat dari pelaku bisnis di sektor pertambangan ini dikarenakan keberadaan emas itu sendiri sebagai komoditi dengan harga yang relatif stabil dan juga banyak dicari. Sehingga tidak sedikit perusahaan tambang yang melirik sektor penambangan emas ini.

Terdapat beberapa jenis metode penambangan emas yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan tambang yang telah berjalan sampai saat ini. Metode ini adalah cara bagaimana hasil tambang berupa emas tersebut diambil dari dalam tanah atau dieksplorasi yang kemudian dikelola menjadi sesuatu yang berharga.

Metode Underground Hard Rock Mining

Sebagian besar keberadaan emas sebagai hasil tambang ini berada di bawah permukaan tanah. Sehingga dibutuhkan teknik khusus untuk memperoleh emas yang tertanam di bawah permukaan tanah ini.

Metode underground hard rock mining dilakukan dengan membangun jaringan besar di dalam terowongan dengan poros yang memanjang. Jalur dalam tanah ini biasa ditemukan di pegunungan atau pun di bawah tanah. Kemudian, digunakan pula bor mekanik dan sejumlah alat penambangan khusus dalam jumlah besar dengan tujuan untuk memecahkan hard rock atau batuan besar guna untuk mengumpulkan emas yang dikandung di dalam batuan tersebut.

Terowongan besar yang menjadi sarana untuk menemukan emas ini digali dalam kedalaman tanah tertentu. Tak jarang terowongan ini meluas ke tempat lainnya yang sangat dalam di bawah tanah. Dikarenakan keberadaannya yang  berada sangat dalam didalam tanah, temperatur yang ada di dalam terowongan ini sering kali sangat tinggi hingga tak tertahankan bagi perkerjanya. 

Setelah batuan besar ditemukan, batuan besar tersebut akan melalui proses penghancuran dan ektraksi untuk mengambil kandungan emasnya yang kemudian akan dikelola untuk mendapatkan kandungan emas murninya dan juga dijadikan sebagai produk yang siap dipasarkan ke konsumen.

Metode underground hard rock mining ini sejatinya memiliki kemiripan dengan kebanyakan metode penambangan yang dijalankan untuk sejumlah bahan tambang lainnya. Dan memang seperti inilah konsep penambangan yang banyak dilakukan oleh sebagian besar perusahaan penambangan.

Agincourt Resources merupakan salah satu perusahaan penambangan yang menjalankan bisnisnya di salah satu daerah yang ada di nusantara, yaitu Tambang Emas Martabe yang ada di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Baca Juga: Panjangnya Proses Usaha Pertambangan Di Indonesia

Perusahaan ini melakukan penambangan emas dan juga perak dengan beberapa metode penambangan emas. Salah satunya adalah metode penambangan underground hard rock mining ini untuk menghasilkan emas termurni yang ditemukan bawah permukaan tanah. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar pertambangan emas, kunjungi kami disini!