Metode Yang Dipakai Perusahaan Tambang Emas 

metode-yang-dipakai-perusahaan-tambang-emas-agincourt-resources

Emas dapat dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari yang paling sederhana hingga teknik yang sudah sangat canggih.

Metode penambangan yang digunakan perusahaan tambang dapat berbeda-beda berdasarkan karakteristik bijih emas yang akan diambil. 

Pendulangan (Panning)

Metode ini banyak digunakan oleh pertambangan rakyat yang biasa berada di dekat sungai. Caranya adalah dengan menggunakan nampan pendulang untuk memisahkan bijih emas dan mineral pengotornya. Metode ini adalah yang paling sederhana dan tradisional, sehingga masih membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama. 

Tambang Semprot (Hydaulistic)

Metode selanjutnya yang banyak di gunakan perusahaan tambang, yaitu dengan menggunakan alat semprot dan pompa. Penggunaan alat ini untuk memecahakan bebatuan dan menghasilkan lumpur. Lumpur tersebut akan dialirkan ke mesin kasbok. Penambang yang masih berskala kecil banyak menggunakan metode ini. Metode ini dapat dilakukan jika lokasi pertambangan berada di dekat sungai. Selain itu, kondisi material emas juga harus memungkinkan atau yang dapat dipecahkan dengan semprotan air. 

Penambangan Metode Underground

Jenis pertambangan ini, dapat dilihat dari ciri khas lubang yang dibuat. Terdapat dua jenis lubang yang biasa dibuat, yaitu lubang vertikal atau biasa dikenal dengan tunel dan lubang horizontal yang dikenal dengan sumuran. Kedua lubang ini dibuat sebagai akses masuk ke dalam tambang. 

Peralatan yang digunakan pada pertambangan ini juga tergolong sederhana, yaitu pahat, palu, cangkul, dan linggis. Langkah penambangan melalui metode ini adalah: 

  1. Pembangunan lubang masuk ke tambang. Dibangun dengan sederhana, lubang ini dibuat untuk dapat diakses 1 orang secara bergantian.
  2. Membuat akses menuju badan bijih.
    Akses dibuat sesuai dengan lokasi badan bijih yang menjadi target. Jika lokasi badan bijih relatif sejajar dengan jalan masuk utama, maka akan di buat lubang masuk horizontal.Sedangkan, jika lokasi bijih berada di bawah jalan masuk utama, akan di buat lubang masuk vertikal. Semua akses dibuat dengan sederhana, sama seperti membuat lubang masuk utama dengan diameter sekitar 1-1,5 meter, lubang ini hanya cukup untuk dipakai satu orang pekerja.
  3. Penggalian bijih emas. Penggalian ini dilakukan searah dengan kemenerusan bijih. Alat yang biasa digunakan untuk penggalian adalah alat manual seperti, belicong.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Pada Metode Penambangan Underground

Untuk melakukan penambangan underground, pintu masuk harus dibuat dengan jumlah yang cukup banyak, tidak hanya satu pintu masuk saja. Selain itu, pastikan dibuat pintu masuk pada daerah yang stabil dan landai. Jangan membuat pintu masuk pada daerah yang curam atau pada lereng. 

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah gunakan penyanggah pada pintu masuk, hal ini diperlukan untuk memastikan bukaan pintu terbuka stabil. Penyangga dapat dibuat menggunakan kayu dengan kualitas tinggi, seperti kayu jati. 

Sirkulasi udara ke dalam juga sangat penting untuk diperhatikan. Jika perlu, gunakan blower atau kompresor untuk mencukupi kebutuhan oksigen di dalam lubang. 

Hal terakhir, yang perlu diperhatikan adalah pembuatan parit di sekitar pintu masuk, hal ini bertujuan agar tidak ada air yang masuk ke dalam lubang. 

Untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai pertambangan, khususnya perusahaan tambang Agincourt Resources, kunjungi kami klik disini!