Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk Salah Satunya?

negara-penghasil-emas-terbesar-di-dunia-indonesia-masuk-salah-satunya

Emas merupakan bahan tambang yang memiliki peranan penting dalam memajukan perekonomian bangsa.

Hal ini berkaitan dengan produksi emas yang dapat menjadi devisa bagi suatu negara. Penambangan emas adalah bisnis global dengan operasi di setiap benua, kecuali Antartika. Emas diekstraksi dari tambang dengan berbagai jenis dan skala. Pada level global, China menduduki peringkat pertama negara penghasil emas terbesar di dunia dan menyumbang sekitar 11% dari total produksi global (World Gold Council). Berikut ini daftar negara penghasil emas terbesar di dunia yang diambil dari data World Gold Council. Apakah Negara Indonesia termasuk salah satunya? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Dari Pengolahan Emas, Ini 5 Manfaat yang Dapat Anda Nikmati

1. China

China menempati posisi pertama sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Meskipun pada 2018 tercatat penurunan produksi emas sebesar 39 MT, pada 2019 China mampu menghasilkan produksi emas sebanyak 420 MT. Negara ini juga mampu mempertahankan posisinya di peringkat pertama selama beberapa dekade sebagai negara penghasil emas terbesar. Tidak hanya itu, China juga menjadi salah satu konsumen emas terkemuka di dunia.

2. Australia

Australia merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang mampu menghasilkan emas hingga 315 MT pada 2018. Pada 2019, Australia mampu menghasilkan emas sebesar 330 MT. Kenaikan hasil produksi emas ini disebabkan eksplorasi yang dioptimalkan oleh negara yang identik dengan kangguru tersebut.

3. Rusia

Rusia merupakan salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia berikutnya. Pada 2017, Rusia mampu menghasilkan emas sebesar 255 MT. Sedangkan pada 2019 negara ini mampu menghasilkan emas sebanyak 310 MT. Kenaikan yang dialami oleh hasil produksi emas di Rusia ini, tidak menyurutkan upaya negara tersebut untuk meningkatkan produksi emas pada dekade berikutnya. Bahkan, berdasarkan survei Geologi Amerika Serikat, Rusia memiliki cadangan emas sebanyak 5.300 MT.

4. Amerika Serikat

Pada 2019, Amerika Serikat menghasilkan emas sebanyak 200 MT dan mengalami penurunan hasil produksi sebesar 26 MT dari tahun sebelumnya. Cadangan emas di negara tersebut mencapai angka 3.000 MT.

5. Kanada

Kanada mampu menghasilkan emas sebanyak 183 MT pada 2018, sedangkan pada 2019 sebanyak 180 MT. Walaupun hasil produksi  Kanada sempat mengalami penurunan sebesar 3 MT, hal tersebut tidak menyurutkan posisi Kanada sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia.

6. Indonesia

Pada 2019, tercatat bahwa tanah air mampu menghasilkan emas sebanyak 160 MT yang setengah dari produksinya berasal dari Grasberg Freeport-McMoran. Indonesia mampu melampaui Peru sebagai penghasil emas terbesar di dunia keenam pada tahun sebelumnya.

7. Peru dan Ghana

Peru dan Ghana menjadi negara yang memiliki urutan yang sama dalam memproduksi emas di 2019 yaitu 130 MT. Namun, Peru mengalami penurunan pada tahun tersebut. Dikarenakan jumlah produksi emas  Peru pada 2018 sebanyak 145 MT. Berbeda dengan Ghana yang memiliki jumlah produksi emas yang konstan dari tahun-tahun sebelumnya. Ghana juga menjadi salah satu negara di Afrika yang mampu melampaui jumlah produk emas Afrika Selatan.

8. Meksiko

Meksiko menghasilkan sebanyak 125 MT  2018. Pada 2019, produksi emas di Meksiko mengalami penurunan menjadi 110 MT. Kendati demikian, Meksiko masih bertahan sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia untuk menyokong perekonomian negaranya.

9. Uzbekistan dan Kazakhstan

Negara Asia Tengah merupakan negara-negara yang umumnya identik sebagai penghasil emas. Hal ini juga berlaku bagi negara Uzbekistan dan Kazakhstan yang menduduki posisi yang sama sebagai penghasil emas di dunia. Kedua negara tersebut mampu menghasilkan emas sebanyak 100 MT pada 2019.

10. Afrika Selatan

Afrika Selatan merupakan negara yang memiliki sumber daya emas terbesar di dunia selama beberapa tahun. Meskipun produksi sumber daya tambang emas di negara ini sempat mengalami penurunan pada 1980 sebesar 85%. Tidak hanya itu, produksi emas Afrika Selatan juga sempat mengalami penurunan dari 117 MT di 2018 menjadi 90 MT di 2019.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa negara penghasil emas terbesar di dunia. Negara Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam kategori tersebut. Salah satu tambang emas di Indonesia yaitu Tambang Martabe yang dikelola Agincourt Resources. Tercatat bahwa sumber daya bahan Tambang Emas Martabe sebesar 7,6 juta OZ dan  memiliki cadangan bijih emas yang diperkirakan sebanyak 4,3 juta OZ. Dengan menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia, pengelolaan emas dapat dilakukan secara optimal untuk meningkatkan cadangan devisa negara.

Baca Juga: Tambang Mas Martabe Terapkan Sistem K3 Terbaik di Industri

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.