Pengelolaan Lingkungan Pasca Tambang

Pengelolaan Lingkungan Pasca Tambang

Alasan di Balik Pentingnya Program Pengelolaan Lingkungan di Area Bekas Tambang

Kerusakan sumber daya alam terus meningkat kian waktu dan lingkungan mulai tercemar. Kebakaran lahan terjadi di mana-mana, eksploitasi hutan dan tanah semakin merajalela. Pada akhirnya, masyarakatlah yang akan menjadi korban dari kondisi lingkungan yang tidak sehat tersebut, terutama bagi warga yang tinggal di sekitar area pertambangan. Udara segar tentu bukan lagi hal mudah yang didapatkan. Gas racun seakan sudah bercampur dengan udara sekitar. Belum lagi  kondisi tanah yang terus berlubang sebagai bekas galian tambang, tanpa ada upaya untuk menutupnya hingga mampu menimbulkan korban.

Maka dari itu, kini saatnya perusahaan pertambangan pun memikirkan mengenai pentingnya program pengelolaan lingkungan di area bekas tambang yang sedang dikelolanya. Pasalnya, bila perusahaan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, maka bahaya dan korban pun dapat dicegah lebih dini. Selain itu, dengan melakukan pengelolaan lingkungan yang baik, maka masyarakat pun akan bisa hidup lebih sehat, serta kondisi alam akan semakin membaik.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan yang harus dicapai oleh perusahaan pertambangan ketika mengurus perizinan AMDAL di antaranya:

  1. Perusahaan harus memastikan bahwa biaya lingkungan masuk dalam dana pengelolaan termasuk pelestarian lingkungan usai kegiatan pertambangan dilakukan.
  2. Perusahaan pun harus memastikan jika pengelolaan, pengendalian, serta perlindungan terhadap lingkungan sudah terintegrasi dalam rancangan proyek ketika melakukan pengajuan perizinan AMDAL. Bahkan, perusahaan juga harus mempertimbangkan akan apa yang harus dilakukan terkait untuk mengembalikan kondisi tanah bekas galian tambang seperti semula.

Baca Juga: Studi Kelayakan Sebelum Proses Penambangan

Fitoremediasi, Salah Satu Upaya Pencegahan Kerusakan Lingkungan di Area Bekas Tambang

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan pertambangan dalam memperbaiki lingkungan bekas galian tambang, adalah dengan menggunakan fitoremediasi. Asal mulai Fitoremediasi didapat dari phyton dari Bahasa Yunani yang mana artinya tumbuhan atau tanaman, kemudian remediare yang berasal dari Bahasa Latin yang artinya memperbaiki atau membersihkan sesuatu.

Maka, fitoremediasi adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan lingkungan atau tanah menggunakan tanaman serta bagian-bagian di dalamnya. Tujuannya untuk membantu dekontaminasi terhadap limbah yang sudah mengendap ataupun masalah pencemaran lingkungan lainnya. Caranya dapat dilakukan secara ex-situ yang artinya menggunakan kolam buatan ataupun reaktor untuk melakukan dekontaminasi. Selain itu, metode in-situ yaitu secara langsung di lapangan atau tempat yang terkontaminasi limbah tersebut tanpa ada bantuan alat lainnya.

Dalam prosesnya, fitoremediasi memiliki beberapa mekanisme, namun dua di antaranya adalah:

1. Phytoextraction

Phytoextraction merupakan mekanisme untuk men-dekontaminasi limbah menggunakan tumbuhan yang mana prosesnya tanaman tersebut akan menarik zat kontaminan dari tempat yang tercemar limbah hingga semuanya berkumpul di sekitar akar untuk kemudian disalurkan ke bagian lain tumbuhan seperti daun dan batang. Usai menyerap limbah dan dirasa proses fitoremediasi sudah dilakukan, maka tanaman tersebut harus dicabut. Setelah itu, kemudian dibakar menggunakan insenerator, yang mana abunya harus dipisahkan dan dimasukkan dalam golongan B3.

2. Rhizofiltration

Rhizofiltration merupakan proses penyerapan zat-zat kontaminan pada area yang tercemar yang dilakukan oleh akar hingga menempel dan berkumpul membentuk lapisan tipis. Ketika penyerapan atau adsorpsi dirasa sudah cukup, maka tanaman pun harus dibakar menggunakan insenerator.

Itulah yang menjadikan betapa pentingnya program pengelolaan lingkungan hidup terhadap lahan bekas tambang. Selain untuk menjaga kelestarian lingkungan juga menyelamatkan anak bangsa agar tidak tercemari gas-gas beracun akibat galian tambang yang tidak bertanggung jawab. 

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Salah satu perusahaan tambang yang telah melakukan pengelolaan lingkungan tambang dengan baik adalah PT. Agincourt Resources. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai pengelolaan apa saja yang sudah dilakukan dengan mengunjungi laman kami di sini