Pengelolaan Lingkungan PT Agincourt Resources

pengelolaan-lingkungan-pt-agincourt-resources-agincourt-resources

Pentingnya pengelolaan lingkungan.

Tahukah Anda bahwa pengelolaan lingkungan sangat penting dalam industri pertambangan? Hal yang wajar mengingat, perusahaan pertambangan memiliki andil sebagai penyumbang penerimaan negara sekaligus berperan besar sebagai perusak lingkungan.

Sebagaimana Anda ketahui, kegiatan tambang dapat memicu tanah longsor, banjir, dan merusak habitat hewan di sekitarnya. Namun, hal ini dapat ditekan dan diminimalisasi dengan cara mengelola lingkungan.

Baca Juga: Kenali Metode Penambangan Emas dan Prosesnya

Bukti Kepedulian PT Agincourt Resources Terhadap Lingkungan

Mengingat pentingnya menjaga kelestarian alam, PT Agincourt Resources berkomitmen untuk meminimalisasi dampak buruk pertambangan melalui program pengelolaan lingkungan terpadu yang disusun cermat. PT Agincourt Resources percaya bahwa pengelolaan operasi penambangan berkelanjutan akan memberikan dampak luas terhadap kelangsungan masa depan masyarakat dan lingkungan sekitar. Berbekal komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi, PT Agincourt Resources memberikan bukti nyata melalui sejumlah program pengelolaan lingkungan berikut ini.

1. Pengelolaan Air

Untuk mencegah air Sungai Batangtoru terkontaminasi limbah bekas kegiatan pertambangan, PT Agincourt Resources selalu melakukan pengolahan air menggunakan Water Polishing Plant (Instalasi Pemurnian Air). Water Polishing Plant berguna untuk menghilangkan risiko zat pencemar di dalam air. Berkat alat ini, kandungan logam yang ada di dalam air dapat dinetralisasi, sisa sianida dapat dihancurkan tanpa sisa, dan padatan halus dapat terendap secara sempurna.

2. Pengelolaan Tailing

Tak dapat dimungkiri bahwa proses ekstraksi emas dan perak berpotensi menyisakan tailing. Tailing adalah bahan atau material yang muncul akibat pemisahan fraksi. Dalam pertambangan, tailing merujuk pada limbah murni di dalam air, yakni lumpur. Untuk meminimalisasi dampak buruk akibat penambangan, PT Agincourt Resources membangun Tailing Storage Facility setinggi 100 meter dengan puncak bendungan di ketinggian sekitar 360 meter di atas permukaan laut.

Tailing Storage Facility sangat berguna untuk menampung tailing selama kegiatan tambang dilakukan. Demi kenyamanan dan keamanan, Tailing Storage Facility dirancang sesuai standar terbaru yang dijadikan patokan dalam industri tambang. Tentunya, hal ini lebih dulu dikonsultasikan pada pakar berpengalaman dan diakui oleh dunia.

Hasilnya, desain Tailing Storage Facility milik PT Agincourt Resources telah memenuhi kriteria keselamatan bendungan yang ditetapkan ICOLD (International Commission on Large Dams). Dengan begitu, kegiatan tambang akan jauh lebih aman dan tidak merusak lingkungan

3. Pengelolaan Limbah

Sebagai penghasil limbah B3, PT Agincourt Resources memiliki komitmen kuat untuk bertanggung jawab mengelola limbah B3 melalui pengelolaan internal. Selain itu, PT Agincourt Resources  juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memusnahkan limbah hasil tambang. Berkat hal tersebut, limbah yang dihasilkan selama proses penambangan berhasil dimusnahkan hingga tak bersisa.

4. Pengelolaan Keanekaragaman Hayati

Untuk mengelola keanekaragaman hayati, PT Agincourt Resources melakukan pembibitan dan penanaman beragam pohon, mulai dari pohon lokal, nonlokal, hingga buah-buahan di dalam maupun luar bekas pertambangan.

Sesuai dengan kebijakan perusahaan, karyawan PT Agincourt Resources dilarang menangkap atau melakukan perburuan hewan yang berada di dalam kawasan.

5. Rehabilitasi Lokasi Tambang

Kegiatan penambangan secara tidak langsung telah merusak susunan dan partikel tanah. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti bencana tanah longsor atau banjir, PT Agincourt Resources menerapkan program rehabilitasi wilayah tambang.

Salah satunya dengan mengelola tanah pucuk dan menempatkannya di atas tanah lapisan bawah atau batuan sisa. Cara ini sangat efektif untuk mempercepat pemulihan kesuburan tanah.

Baca Juga: Alasan Tambang Emas Berkembang Pesat

Demikianlah informasi mengenai program pengelolaan lingkungan yang diterapkan oleh PT Agincourt Resources. Untuk informasi lebih banyak Anda bisa membaca dari artikel PT Agincourt Resources.

.