Fakta Pengembangan Ekonomi Masyarakat PT Agincourt Resources

pengembangan-ekonomi-masyarakat-pt-agincourt-agincourt-resources-jakarta-indonesia

Apa Tujuan Pengembangan Ekonomi Masyarakat?

Tahukah Anda bahwa pengembangan ekonomi masyarakat  yang digagas oleh PT Agincourt Resources memiliki banyak manfaat? Tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat, melainkan juga untuk perusahaan.

Dengan program tersebut, perusahaan tambang akan lebih dikenal luas. Tak hanya itu saja, kepedulian terhadap masyarakat dapat meningkatkan kepercayaan warga sekitar. Secara tidak langsung, hal ini dapat menciptakan hubungan dan sinergi yang baik.

Berfokus pada pengembangan ekonomi masyarakat lokal, Program Pengembangan Masyarakat Tambang Emas Martabe bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, menyejahterakan masyarakat, dan mengembangkan komoditas tahan pangan.

Baca Juga: Alasan Tambang Emas Berkembang Pesat

Wujud Nyata Kepedulian PT Agincourt Resources Terhadap Ekonomi Masyakarat

Demi kehidupan yang lebih baik, terutama masyarakat di sekitar pertambangan, PT Agincourt Resources berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Adapun sejumlah program yang digagas oleh PT Agincourt Resources, antara lain sebagai berikut.

Pertanian Organik

PT Agincourt Resources  mencanangkan program pertanian organik untuk meningkatkan kemandirian dan pemerataan ekonomi. Program yang telah dimulai sejak tahun 2016 ini sukses meningkatkan angka produksi ketersediaan padi di Kecamatan Batangtoru.

Tak hanya itu saja, berkat program yang digagas PT Agincourt Resources, biaya produksi dapat dipangkas hingga 50%. Program kesejahteraan ini tidak hanya mengatasi masalah ekonomi, tetapi juga mengatasi tiga masalah mendasar yang kerap dikeluhkan petani, yakni ketersediaan benih, akses benih, dan penggunaan benih organik.

Penangkaran Padi

Bekerja sama dengan UPT Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Provinsi Sumatera Utara dan BP3K Kecamatan Batangtoru, Tambang Emas Martabe berhasil menjalankan program penangkaran padi pertama di Tapanuli Selatan. 

Program yang dimulai sejak tahun 2016 ini diberdayakan oleh 82 petani yang terbagi ke dalam empat kelompok. Dengan adanya program ini, petani dapat menjual benih padi unggulan bersertifikat dengan harga tinggi.

Budidaya Jagung Pipil

Selain penangkaran padi, Tambang Emas Martabe juga bekerja sama dengan BP3K Kecamatan Batangtoru  untuk melakukan pendampingan kepada petani jagung. Program terpadu ini bertujuan untuk memperbaiki sistem budidaya jagung pipil.

Berkat program ini, petani dapat menjual hasil panen jagung secara langsung kepada pembeli tanpa perantara sehingga keuntungan yang didapat pun lebih maksimal.

Produksi Pupuk Kompos

Demi mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan, Tambang Emas Martabe bekerja sama dengan kelompok pemuda, Komunitas Mandiri dan Produktif untuk menjalankan program produksi pupuk kompos. 

Melalui program ini, pemuda desa akan dibina sehingga mendapatkan wawasan dan keterampilan untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos yang bernilai jual tinggi. Berkat program ini, jiwa wirausaha pemuda akan semakin berkembang. 

Tak hanya itu saja, program yang dikembangkan oleh Tambang Emas Martabe sangat efektif menurunkan tingkat pengangguran, khususnya di wilayah Tapanuli Selatan.

Pengembangan Pusat oleh-oleh BAGASTA

Selain menjaring pemuda,  Tambang Emas Martabe juga menjaring ibu-ibu Desa Lingkar Tambang dengan membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Rumah Kue. Program yang telah berjalan sejak tahun 2013 ini sangat efektif meningkatkan kreativitas dan ekonomi masyarakat sekitar.

Untuk melebarkan sayap usaha, di tahun 2016 KUBE membangun pusat oleh-oleh yang dinamakan BAGASTA atau Rumah Kita. Produk yang dijual tidak hanya bernilai jual tinggi, melainkan juga mencerminkan budaya Tapanuli Selatan.

Tidak hanya menjual berbagai macam produk lokal, tempat yang sering dijadikan sebagai tempat nongkrong ini juga menghadirkan program pelatihan kuliner dan pengembangan potensi budaya Tapanuli Selatan.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Keselamatan Kerja di Areal Pertambangan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai PT Agincourt Resources atau Pertambangan Martambe? Cari tahu lebih banyak di  sini