Pentingnya Keberlanjutan Dalam Industri Pertambangan

Seiring berkembangnya zaman, keberlanjutan dalam proses pertambangan menjadi semakin penting.

 

Keberlanjutan atau sustainability selalu menjadi pertimbangan utama dalam industri pertambangan. Aktivitas dalam industri pertambangan merupakan bagian integral dari kehidupan modern, operasi keuangan dan bisnis di setiap negara. Kehidupan manusia sangat terdampak oleh mineral dan komoditas yang ditambang di seluruh dunia. Dengan perkembangan riset dan zaman, seperti halnya di industri besar lainnya yang menyediakan produk dan layanan sebegitu pentingnya, sejumlah besar perhatian diberikan pada prosesnya dan dampaknya dari perspektif lingkungan dan ekonomi.

Peningkatan yang dramatis dalam jumlah aktivitas pertambangan di seluruh dunia secara alami menempatkan tekanan pada sumber daya alam dan manusia. Semakin hari, dunia sudah mulai tersadar pentingnya ketahanan dan kelestarian lingkungan, mereka pun mulai bertanya-tanya perihal keberlanjutan di aktivitas pertambangan.

Perhatian pertama ditujukan terhadap permintaan dan kebutuhan yang semakin meningkat untuk sumber daya yang ditambang dan juga sumber daya seperti energi dan air, yang diperlukan sepanjang proses ekstraksi pertambangan. Peningkatan polusi yang dihasilkan oleh proses ekstraksi juga harus diperhitungkan. 

Dalam banyak kasus, keberlanjutan ekstraksi dapat sangat bervariasi tergantung pada industri, tetapi terlepas dari proses dan teknik yang digunakan dan diterapkan, operasi ini masih terkait dengan dampak negatif terhadap lingkungan dan sosial di beberapa pasar. Prinsip-prinsip keberlanjutan harus diterapkan untuk semua perusahaan tanpa memandang skalanya. 

Tantangan dari Keberlanjutan di Industri Pertambangan

Di negara-negara berkembang, tantangan yang selalu ada untuk sektor ini adalah memperkuat hubungan dengan masyarakat lokal dan memperkuat pentingnya penambangan baik untuk pendapatan maupun lapangan pekerjaan. Sifat tidak terbarukan dari sumber daya yang ditambang juga bertentangan dengan keberlanjutan, yang selanjutnya menggambarkan betapa pentingnya penggunaan sumber daya yang efisien untuk pembangunan tetap.

Tentu saja, pertanyaan seputar cara memaksimalkan manfaat pembangunan dari penambangan sementara juga berkontribusi pada kelestarian lingkungan dan sosial bukanlah hal baru. Tiga bidang prioritas keberlanjutan dalam pertambangan terdiri dari pengatasan dampak lingkungan, ekonomi, kesehatan dan sosial dan manfaat pertambangan di seluruh siklus hidup makhluk hidup yang meliputi masalah-masalah seperti kesehatan dan keselamatan pekerja.

Tujuan utama lainnya yang diuraikan adalah untuk meningkatkan partisipasi para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat lokal dan – sama pentingnya – mendorong praktik pertambangan berkelanjutan melalui penyediaan dukungan keuangan, teknis, dan pembangunan kapasitas untuk semua negara.

Praktik Dalam Pertambangan

Pada intinya, praktik-praktik yang akan menjadi pusat pemeliharaan dan peningkatan keberlanjutan penambangan global adalah pengelolaan dan pengurangan energi dan sumber daya yang digunakan dalam mengekstraksi bahan.

Meskipun situs baru sedang ditemukan dan sarana ekstraksi bahan sedang dikembangkan, sifat dari aktivitas ekstraksi pertambangan dapat memiliki sejumlah efek samping yang signifikan pada area sekitarnya baik dalam jangka pendek dan jangka panjang. Ini mengharuskan penggunaan metode dan mesin yang paling efektif, serta pendekatan untuk mengurangi penggunaan air dan energi.

Meminimalkan penggunaan air yang dialihkan untuk kegiatan penambangan – dan dapat berdampak pada kuantitas dan kualitas air yang tersedia di hilir. Mengurangi konsumsi energi juga sangat penting jika dampak industri pertambangan akan dikurangi; diperkirakan bahwa tiga persen energi dunia digunakan untuk menambang komoditas alam, sementara gangguan tanah seperti longsor tetap menjadi masalah utama karena kerusakan tanah dan lahan yang berpotensi digunakan untuk vegetasi.

Masalah yang dihasilkan oleh aktivitas pertambangan masih terpusat sekitar keberlanjutan. Penting sekali untuk pemain besar dan kecil di industri pertambangan untuk membantu menjaga integritas area yang ditambang dan penduduk setempat serta menawarkan manfaat bisnis yang nyata.

Mempertimbangkan Keberlanjutan Dalam Pertambangan

Agincourt Resources yang terletak di Sumatera merupakan salah satu perusahaan tambang Indonesia yang terbesar dan terpercaya yang telah berdiri sejak 2012, Agincourt mengedepankan berbagai aspek penting yang menjadi nilai-nilai kami yang menjunjung tinggi pertambangan berkelanjutan (sustainable mining) untuk memberi manfaat pada masyarakat, lingkungan sekitar dan bagi bumi

Beberapa hal diatas yang diterapkan oleh Agincourt Resources Indonesia diharapkan dapat bekerja secara efektif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan juga Indonesia secara skala global, dimana Agincourt telah dikenal secara luas hingga Asia, Eropa, Amerika dan Australia.

Tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Agincourt Resources, perusahaan pertambangan Indonesia yang mengedepankan kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat? Klik di sini!