Peran Dunia Pertambangan Dalam Kesehatan

Peran Dunia Pertambangan Dalam Kesehatan

Dunia pertambangan dianggap kerap mengeksploitasi bumi, namun dibalik itu semua ternyata pertambangan memiliki peran penting dunia kesehatan.

Indonesia memiliki dunia petambangan yang luas, mengingat negara ini memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Hal ini membuat Indonesia diuntungkan pada banyak sektor seperti sektor ekonomi, sektor transportasi, dan sektor komunikasi. Pertambangan dapat menghasilkan devisa bagi negara, menjanjikan lapangan pekerjaan yang terbuka lebar, dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Selain sektor ekonomi, pertambangan berperan besar pada sektor transportasi dan komunikasi bahkan di seluruh dunia. Telepon genggam yang saat ini masyarakat gunakan memiliki kandungan emas pada bagian hardware di dalamnya.

Pada sektor kesehatan, pertambangan juga berperan penting pada beberapa obat dan alat medis. Hal ini berguna untuk menunjang kesembuhan pasien dari penyakit-penyakit tertentu. Berikut peran dunia pertambangan dalam negara bagi sektor kesehatan.

Baca Juga: Inilah Fungsi Barang Tambang dan Penjelasannya

Sebagai terapi kesehatan pada penyakit kanker

Senyawa emas telah banyak digunakan untuk terapi berbagai jenis kanker. Bagian menariknya adalah bagaimana manusia menggunakan emas untuk kemoterapi sel tumor. Menurut Richard Halliday dari World Gold Council, tidak semua obat mengandung senyawa logam, namun terapi yang paling banyak digunakan untuk berbagai macam kanker seperti cisplatin, memiliki kandungan platinum di dalamnya. Seperti kebanyakan obat kanker lainnya, obat ini membunuh sel sehat bersamaan dengan sel kanker. Itulah sebabnya terdapat efek samping seperti kerontokan rambut.

Sebagai alat deteksi HIV/AIDS

Nanotelknologi telah menciptakan suatu kemajuan dalam terapi dan pencegahan HIV/AIDS. Peneliti dari Imperial College London menunjukkan bahwa teknik nanopartikel emas eksperimental bisa digunakan untuk mengetahui posisi molekul target pada onsentrasi yang sangat rendah, dengan demikian membuat mereka bisa melakukan deteksi dini. Meskipun belum ada obat yang menyembuhkannya, peneliti tetap merasa ada harapan.

Mengatasi Peradangan Sendi (Rheumatoid Arthritis)

Dunia pertambangan emas juga berperan penting dalam pengobatan peradangan sendi. Salah satu metode pengobatan peradangan sendi adalah dengan menyuntikkan garam berbasis emas langsung ke sendi.

Rapid Diagnostic Test (RDT)

Alat test cepat yang memiliki micro-chip di dalamnya mengandung senyawa emas.  Hal ini berguna untuk melakukan diagnosis penyakit selama kurang lebih 10 tahun terakhir. Penyakit malaria salah satunya. Penyakit yang berpotensi mengancam nyawa ini berhasil ditemukan dengan bantuan RDT pada waktu itu. Partikel emas ini bisa membantu memproduksi perubahan warna sederhana untuk mendeteksi keberadaan virus malaria dalam sampel darah.

Baca Juga: Inilah Pengertian Tambang Emas Rakyat

Itulah beberapa peran dunia pertambangan yang sangat membantu dunia kesehatan. Maka dapat dikatakan bahwa dunia pertambangan tidak hanya melulu negatif, namun banyak manfaat yang dapat diambil dari dunia pertambangan. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi peran penting lainnya yang membantu negara.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.