Peran Industri Pertambangan Emas Terhadap Ekonomi Dimasa Pandemi

Peran Pertambangan Emas Terhadap Ekonomi

Pandemi belum juga kunjung usai, apakah peran pertambangan emas terhadap ekonomi akan mengalami perubahan?

Masa pandemi yang mewabah di seluruh dunia memang membawa perubahan, seperti peran pertambangan emas terhadap ekonomi. Selain itu masih banyak industri yang akhirnya mengalami defisit, karena keuslitan untuk menemukan formula adaptasi yang tepat.

Namun kemudian penambangan emas masih bisa berjalan, bahkan memberikan sumbangsih yang positif pada roda perekonoman di sebuah Negara. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sumbangsih pertambangan emas terhadap ekonomi di masa pandemi.

Baca Juga: Inilah Harga Emas di Indonesia Selama Pandemi

Peran Industri Pertambangan Emas Terhadap Ekonomi di Masa Pandemi

Dunia mencatat peran nyata pertambangan emas terhadap ekonomi selama masa pandemi. Berikut ini adalah bukti di beberapa titik dunia.

Penyedia fasilitas kesehatan

Kelengkapam fasilitas merupakan hal utama yang diperlukan, agar setiap orang memiliki akses yang cukup untuk melakukan kegiatan sesuai dengan protokoler kesehatan dunia. Namun tentu saja tidak semua lapisan masyarakat memiliki kesempatan yang sama. Terlebih lagi fasilitas kesehatan saat ini mengalami kelangkaan dan harga yang perlahan terus menanjak.

Inilah yang kemudian menginspirasi perusahaan pertambangan emas untuk andil dalam membantu perang melawan pandemi. Perusahaan pertambangan emas terikat dengan adanya Corporate Social Responsibility, yaitu kewajiban sosial yang harus dilakukan dalam rangka menyejahterakan masyarakt di sekitar galian tambang. Hal inilah yang kemudian diwujudkan dalam bentuk penyediaan fasilitas kesehatan selama pandemi. Semuanya bertujuan untuk membantu memperkecil tingkat persebaran pandemi, sekaligus melindungi masyarakat secara simultan. Sebab kesehatan masyarakat di area pertambangan juga akan sangat berpengaruh pada kelancaran kegiatan pertambangan.

Membantu membangun rumah sakit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penanganan pandemi membutuhkan kelengkapan fasilitas yang serba mumpuni. Salah satu kebutuhan dasar yang paling utama adalah rumah sakit, yang menyediakan akses untuk perawatan dan ruang isolasi. Namun tentu saja pengadaan penambahan rumah sakit membutuhkan dana dan modal yang tidak sedikit. Keterbatasan inilah yang terjadi di Negara di kawasan Afrika.

Minimnya fasilitas pandemi di akwasan Afrika bagian Selatan mengetuk kepedulian Anglogold untuk menyediakan pembangunan rumah sakit. Sebanyak dua rumah sakit akan disediakan untuk membantu masyarakat dalam merawat dan melakukan isolasi kepada korban Covid-19.

Selain pembangunan rumah sakit, perusahaan penambang emas ini juga berkomitmen untuk menyediakan pakaian kesehatan berstandar bagi para tenaga kesehatan, diikuti dengan serangkaian face shield, juga pembagian bahan-bahan makanan. Kepedulian ini kemudian dilengkapi dengan sumbangan mencapai satu juga dollar kepada Solidarity Response Fund, yang dikelola oleh WHO. Hal ini diniatkan untuk mempercepat respon penanganan pandemi.

Kontribusi dana dan kelengkapan

Dana dan kelengkapan fasilitas memang dua hal utama yang tidak bisa absen dalam penanganan pandemi. Hal inilah yang disadari oleh pihak penambangan emas dari Gold Fields, yang memutuskan untuk mencurahkan perhatiannya dalam aksi melawan pandemi bersama masyarakat Ghana.

Perusahaan menggelontorkan uang mencapai ratusan ribu dollar, yang dinisbatkan untuk pembangunan fasilitas kesehatan. Dana ini dibagi menjadi dua kloter, yang pertama diberikan kepada pihak pemerintah, agar mampu menjadi suntikan untuk mengefektifkan penanganan pandemi. Dan yang kedua dihibahkan kepada masyarakat, dalam wujud pemberian langsung kelengkapan menjalankan protokol kesehatan. Mulai dari APD, masker dan face shield, hand sanitizer, thermometer, hingga peralatan krusial lainnya.

Baca Juga: Mengenal Emas Murni Dore Bullion Lebih Dalam

Penambangan emas memiliki andil yang signifikan pada penguatan sektor ekonomi di Negara selama masa pandemi. Keterlibatan pertambangan emas terhadap ekonomi ini dilakukan dengan menyasar penguatan kualitas kesehatan masyarakat, agar mampu melakukan kegiatan yang produktif kembali.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.