Peran Public Relation di Perusahaan Pertambangan

Peran Public Relation di Perusahaan Pertambangan

Perusahaan Pertambangan di Indonesia merupakan salah satu pemegang kendali ekonomi terkuat.

Terutama karena perusahaan pertambangan berperan sebagai salah satu penyedia lapangan pekerjaan dan sumber pendapatan daerah. Namun, peran penting perusahaan pertambangan ini belum tentu diketahui secara pasti oleh khalayak umum. Disinilah peran public relation perusahaan pertambangan diuji eksistensinya.

Baca Juga: Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang Sering Dilakukan Perusahaan Tambang

Peran Public Relation yang Penting bagi Perusahaan Pertambangan

Ada banyak perusahaan pertambangan yang tutup di Amerika Serikat, dan besar kemungkinan disebabkan oleh peran dari public relation yang kurang berjalan maksimal. Mengapa peran dari public relation dapat mempengaruhi usia perusahaan pertambangan? Hal ini terjadi karena public relation merupakan perwakilan terdepan pihak perusahaan. Sehingga baik buruknya citra perusahaan direpresentasikan oleh seorang public relation.

Agar lebih jelas, simak beberapa ulasan peran dari public relation yang penting bagi perusahaan pertambangan di bawah ini.

Sebagai Pembentuk Citra Perusahaan

Perusahaan pertambangan seringkali menjadi sorotan media massa. Hal-hal terkait operasional dan keadaan terkini mengenai perusahaan pertambangan seringkali menjadi pertanyaan masyarakat. Disinilah peran dari public relation sangat memegang kendali dalam pembentukan persepsi masyarakat terhadap citra perusahaan tambang.

Setiap informasi dan kalimat yang disampaikan oleh public relation akan memberi kesan tersendiri bagi pemerhati dunia pertambangan. Dari public relation, masyarakat dapat menangkap bahkan memahami kondisi perusahaan pertambangan. Apabila komunikasi yang baik dimunculkan oleh public relation, maka perusahaan pertambangan tersebut akan memiliki citra yang baik pula.

Sebagai Edukator Masyrakat

Sudah menjadi pembahasan umum bahwa perusahaan pertambangan dinilai kontra dalam hal ramah lingkungan. Mulai dari polusi udara, komdisi air dan tanah sekitar, hingga pengaruhnya terhadap cuaca. Hal ini disebabkan oleh kurangnya edukasi kepada masyrakat akan manfaat perusahaan pertambangan.

Dalam hal tersebut public relation berperan mengedukasi masyarakat tentang manfaat perusahaan pertambangan. Peran ini dapat direalisasikan dengan mengadakan sosialisasi CSR (Corporate Social Responsibility), mulai dari pra hingga pasca penambangan. Misalnya, sebelum proses penambangan warga diberi program edukasi mengenai manfaat tambang bagi masyarakat sekitar. Lalu, selama proyek penambangan dilaksanakan, perusahaan dapat memberdayakan masyarakat sekitar khususnya di bidang ekonomi, sehingga manfaatnya dapat diterima langsung oleh masyarakat sekitar.

Dapat pula dengan mengadakan program untuk mempertahankan adat dan budaya wilayah setempat, sehingga mereka tidak merasa dijajah oleh kaum kalangan atas maupun dalam bentuk mediasi warga sekitar tambang yang mungkin merasa kontra terhadap pertambangan. Ada banyak sekali isu yang dapat dijadikan program bagi public relation pertambangan dan dapat berdampak positif terhadap kemakmuran masyarakat daerah, sehingga masyarakat menaruh kepercayaan pada perusahaan pertambangan tersebut.

Sebagai Jembatan Komunikasi Perusahaan Dengan Pemerintah

Selain kepada media massa dan masyarakat setempat, peran public relation ialah sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dengan pemerintah. Pemerintah bisa saja menutup dan memberhentikan proyek penambangan sebuah perusahaan jika tidak sesuai dengan aturan atau kebutuhan pemerintah. Oleh karenanya, public relation perlu memahami sudut pandang pemerintah terhadap perusahaan pertambangan, dan menyampaikan visi dan misi perusahaan dengan baik sehingga terciptalah sinergitas antara kebutuhan pemerintah serta kebutuhan perusahaan.

Menjaga Hubungan Baik Dengan Investor

Usia perusahaan pertambangan ditentukan pula oleh para investor perusahaan. Bisa dibilang investor merupakan aset utama yang dimiliki perusahaan. Sebab, untuk memulai sebuah proek pertambangan dibutuhkan biaya yang besar, dan biaya tersebut berasal dari investor. Hubungan baik denagn para investor harus tejaga secara berkelanjutan dan tentu ini menjadi tanggung jawab public relation perusahaan pertambangan.

Baca juga: Lebih Untung Investasi Emas atau Perak?

Dalam peran public relation, startegi komunikasi sangat dibutuhkan karena dapat mempengaruhi persepsi berbagai pihak, baik bagi media massa, masyarakat secara umum, warga daerah setempat dan pemerintah, serta para investor. Public relation tentu perlu bijaksana dalam menggunakan bahasa dan data yang sesuai untuk pihak-pihak tekait, sehingga tidak terjadi miskomunikasi atau mispersepsi dan citra perusahaan pertambangan pun terjaga baik.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai proses penambangan dan pengolahan emas yang dilakukan PT. Agincourt Resource, Anda dapat klik di sini