Selain Peraturan Pertambangan Terbaru 2020, Berikut Peraturan Lainnya

peraturan-pertambangan-terbaru-2020-agincourt

Peraturan pertambangan terbaru 2020 menjadi pedoman berbagai perusahaan tambang.

Peraturan perambangan  terbaru 2020 bukan satu-satunya kaidah dalam bisnis tambang di Indonesia, masih banyak lagi berbagai aturan lainnya. Semua peraturan yang ditulis oleh pemerintah harus dipatuhi oleh semua perusahaan tambang Indonesia. Tujuannya agar lingkungan tidak terganggu dan dapat kembali seperti sedia kala, serta juga tidak ada limbah tertinggal yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Sebab, sudah banyak kejadian warga sekitar lokasi tambang yang mendapatkan dampak buruk dari lahan pascatambang terbengkalai. Parahnya, ulah nakal oknum tersebut menyebabkan sakit parah hingga kematian.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Pertambangan Berkelanjutan

Aturan-aturan Pertambangan Berdasarkan Tahun

Ketahui bersama berikut merupakan aturan-aturan dalam bisnis pertambangan yang telah disahkan di Indonesia:

1. Aturan di Tahun 2009

Peraturan tertulis tentang pertambangan termaktub pada Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Di dalamnya, ada ratusan pasal yang mengatur berbagai hal terkait tambang untuk dipatuhi oleh para perusahaan di bidang tersebut.

2. Aturan di Tahun 2010

Selain adanya peraturan pertambangan terbaru 2020, terdapat juga 4 Peraturan Pemerintah pada Tahun 2010 yang terbagi menjadi 4 nomor. Di antaranya nomor 22, 23, 55, dan 78. Adapun isinya mengenai:

  • Peraturan nomor 22 tentang Wilayah Pertambangan
  • Perturan nomor 23 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara
  • Nomor 55 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pengelolaan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara
  • Yang terakhir, nomor 78 tentang Reklamasi dan Pascatambang

3. Aturan di Tahun 2012

Lanjut lagi ke 2012, terdapat dua aturan dalam Peraturan Pemerintah yang terbagi menjadi nomor 9 dan 24. Nomor 9 mengatur Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Sementara itu, nomor 24 berisi perubahan atas PP No. 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

4. Aturan di Tahun 2014

Ada lagi aturan lainnya yang terbit pada 2014, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 77 sebagai perubahan ketiga dari PP No. 23 yang telah terbit pada 2010. Tepatnya, selain peraturan pertambangan terbaru 2020, PP No. 77 Tahun 2014 ini berisi tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

5. Aturan di Tahun 2017

Pada 2017, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 sebagai perubahan keempat dari PP No. 23 Tahun 2010. Tentu saja isinya sama dengan yang sebelumnya, yakni Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

6. Aturan di Tahun 2018

Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2018 yang berisi perubahan kelima atas PP No. 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara. Perubahan demi perubahan ini wajib dipahami oleh para pelaku industri tambang sebagai acuan baru dalam melaksanakan aktivitasnya.

7. Aturan di Tahun 2020

Terakhir, barulah pada 2020 muncul peraturan pertambangan terbaru 2020, yakni Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 yang berisi perubahan atas UU No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Semua aturan di atas dikeluarkan oleh pemerintah dengan berbagai pertimbangan baik dan buruknya. Berbagai macam aturan dari atas seyogyanya disebarluaskan sampai ke bagian terbawah untuk mendapatkan kerjasama efektif dalam menciptakan pertambangan berkelanjutan.

Baca Juga: Begini Upaya Pemerintah dalam Pengelolaan Lingkungan Pertambangan

Pentingnya Mengetahui Peraturan Pertambangan Terbaru 2020

Para pekerja di lapangan perlu memahami dan mengetahui semua aturan terbaru supaya tidak salah panduan ketika bekerja. Terutama, ketua tim wajib selalu memberikan instruksi sesuai aturan terbaru dari pemerintah. Adapun, berbagai aturan tersebut diciptakan bukan tanpa pertimbangan. Beberapa kali ada perubahan, artinya harus banyak penyesuaian dengan situasi dan kondisi saat ini. Kedepannya, masih ada kemungkinan besar terkait beberapa perubahan yang akan terjadi. Beberapa butir aturan di atas merupakan salah satu upaya pemerintah menjaga berbagai aspek ketika penambangan dilakukan. Kemunculan peraturan pertambangan terbaru 2020 merupakan yang paling terbaru. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.