Perbandingan Pertambangan Emas di Indonesia dengan Pertambangan di Negara Lain

perbandingan pertambangan emas di indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan sumber daya alam melimpah.

Salah satunya dalam bidang pertambangan. Negara ini berada pada urutan ketujuh setelah Amerika Serikat, Uzbekistan, Rusia, Republik Dominika, Papua New Guinea, dan Australia sebagai penyumbang bahan tambang terbesar di dunia.

Baca Juga: Pertambangan Emas Tradisional di Ngapak Sebagai Sumber Kesejahteraan Warga

Indonesia juga memiliki industri pertambangan berskala internasional dengan nilai produksi yang tinggi. Lalu bagaimanakah perbandingan pertambangan emas Indonesia secara global? Bagaimana peluang pertambangan Indonesia di tingkat Internasional? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Perbandingan Pertambangan Emas Indonesia secara global

Pertambangan Negara Indonesia memiliki daya saing yang ketat secara global. Terdapat beberapa keunggulan sumber daya tambang milik negara kepulauan ini, diantaranya:

1. Industri Padat Karya

Indonesia tidak hanya memiliki sumber daya tambang dalam jumlah besar tetapi juga sumber daya manusia dalam jumlah yang tinggi. Hal itu, menjadikan sebagian besar perusahaan di Indonesia sebagai industri padat karya yaitu dengan tenaga kerja dalam jumlah besar.

Hal tersebut dilakukan untuk mengambil beberapa keuntungan dari beberapa sisi. Keuntungan tersebut berupa pengelolaan sumber daya tambang secara optimal sekaligus menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat walaupun jumlah upah bagi pekerja relatif lebih kecil dibandingkan upah pekerja luar negeri.

Dengan begitu, dunia pertambangan di Indonesia mampu mencapai aspek kesejahteraan ekonomi bagi rakyat, terutama yang berada di daerah penghasil tambang.

2. Teknologi Otomatisasi

Dengan adanya sistem industri padat karya, bukan berarti industri tambang di Indonesia tidak memiliki keunggulan pada bagian teknologi. Industri tambang di negara ini juga memiliki teknologi otomatisasi yang tidak kalah canggih dengan teknologi industri negara lain.

Sebagai contoh PT Freeport yang mampu mengaplikasikan teknologi otomatisasi terkini berupa truck dengan sistem kendali jarak jauh. Dengan teknologi tersebut, kegiatan kerja berupa pengangkutan bahan tambang bisa dengan mudah dikendalikan oleh 1 operator dan tidak memerlukan banyak tenaga.

Selain itu, terdapat pula PT Agincourt Resources yang memiliki berbagai penghargaan dengan pemanfaatan teknologi canggih karya penerus bangsa. Hal ini menunjukkan bahwa industri pertambangan Indonesia tidak hanya mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam tetapi juga kemampuan generasi muda.

3. Teknologi Pengolahan Limbah Berbasis pada Pelestarian Lingkungan

Industri di Indonesia tidak hanya menerapkan teknologi canggih dalam proses pengelolaan bahan tambang akan tetapi juga mengaplikasikannya sebagai teknologi tepat guna dalam mengelola limbah sebagai residu dari produksi tambang. Hal tersebut menjadi salah satu point perbandingan pertambangan emas di Negara kepulauan tersebut.

Pihak industri berusaha semaksimal mungkin dalam mengelola hasil tambang secara berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan untuk masa depan bangsa yang mampu dipertahankan kesejahteraannya dalam jangka waktu panjang melalui pelestarian alam sekitar.

Peluang Persaingan Industri Pertambangan Indonesia di Tingkat Internasional

Indonesia memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan tingkat perekonomian dengan memanfaatkan sumber daya tambang terutama emas  secara optimal dan bijaksana. Dengan perbandingan pertambangan emas yang tidak kalah dengan milik negara lain, Indonesia mampu mewujudkan kemajuan bangsa melalui potensi alam yang tersedia.

Dalam hal ini, diperlukan peran serta generasi bangsa sebagai bagian dari Bangsa Indonesia dalam memajukan potensi alam yang ada. Maka dari itu, Indonesia tidak hanya bisa memasok hasil tambang dalam keadaan mentah akan tetapi juga mampu mengekspor hasil tambang tersebut dalam keadaan jadi.

Uraian tersebut merupakan pemaparan mengenai persaingan dan perbandingan tambang emas di Indonesia. Hasil tambang berkualitas tinggi dan industri berskala internasional mampu menjadi modal daya saing secara global. Perbandingan pertambangan emas yang cukup tinggi juga menjadi potensi bagi bangsa untuk meningkat perekonomian nasional.

Baca Juga: Pertambangan Emas Sumber Kemakmuran Rakyat

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.