Peta Geologi Untuk Pertambangan Indonesia

peta-geologi-untuk-pertambangan-indonesia-agincourt-resources-perusahaan-pertambangan-indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar yang ada di dunia, Indonesia memiliki begitu banyak potensi sumber daya alam yang terkandung di dalamnya.

Salah satunya yang utama adalah kandungan tambang di dalam perut bumi wilayah Indonesia. Dalam pengelolaan barang tambang, memang dibutuhkan upaya yang tidak mudah untuk dilakukan. Butuh proses yang matang dan tepat dimulai dari awal sampai akhir. Satu proses awal yang sangat menentukan dalam pengelolaan barang tambang atau sumber daya alam yang terkandung di perut bumi Indonesia adalah melakukan pemetaan wilayah pertambangan.

Baca Juga: Melimpahnya Hasil Tambang Di Indonesia

Pemataan Wilayah Indonesia

Upaya pemetaan ini dilakukan terlebih dahulu dengan menggunakan peta geologi. Peta geologi adalah satu peta yang menggambarkan bagaimana keadaan geologis dari bentang alam Indonesia. Salah satu fungsi dari peta geologi ini adalah untuk memudahkan dalam mengetahui lokasi mana saja yang menjadi tempat adanya sumber daya alam yang ada di Indonesia, terutama untuk mengetahui adanya lokasi pertambangan.

Di wilayah negara kita, lokasi sumber daya tambang ini tentu saja tersebar di seluruh pulau yang ada di Indonesia. Mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Setiap pulau ini memiliki beberapa daerah yang menjadi lokasi adanya sejumlah barang tambang. Sebut saja mulai dari minyak bumi, batu bara, gas alam, serta banyak mineral lainnya.

Perbedaan Kandungan Barang Tambang Di Setiap Wilayah

Persebaran barang tambang di beberapa wilayah atau pulau Indonesia tentu saja memiliki perbedaan di mana satu wilayah memiliki kandungan yang berbeda dengan wilayah yang lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan sejarah dan kondisi geologis di masa lampau. Di mana hal ini kemudian menjadi penyebab perbedaan kandungan barang tambang yang dikandung oleh satu daerah atau wilayah.

Selain itu, perbedaan ini juga disebabkan oleh belum adanya penelitian yang dilakukan dengan lebih mendalam mengenai bagaimana keadaan kondisi potensi sumber daya tambang yang ada di suatu wilayah. Penelitian yang dimaksud ini adalah penelitian geologi dan sumber daya mineral.

Dalam menjalankan proses penambangan barang tambang di dalam negeri, terdapat peran besar perusahaan tambang di dalamnya. Salah satu perusahaan tambang yang ikut memainkan perannya dalam usaha pertambangan ini adalah PT. Agincourt Resources. Perusahaan ini merupakan tambang yang bergerak secara khusus dalam penambangan dan pengolahan barang tambang berupa mineral emas dan perak dalam bentuk batangan.

Perusahaan ini beroperasi di lokasi Tambang Emas Martabe yang ada di Pulau Sumatera. Keberadaan perusahaan tambang ini juga untuk mendukung operasi penambangan yang ada di pulau Sumatera karena pulau ini menjadi salah satu pulau dengan kandungan barang tambang yang sangat melimpah. Selain dari emas dan perak, juga ada barang tambang lainnya, seperti minyak bumi, batu bara, timah, dan beberapa jenis mineral atau barang tambang yang lainnya.

Baca Juga: Panjangnya Proses Usaha Pertambangan Di Indonesia

Ketahui lebih lanjut informasi mengenai PT. Agincourt Resources di sini!