Potensi Saham Tambang Emas di Indonesia

potensi saham tambang emas di indonesia

Pandemi yang melanda hampir seluruh dunia masih belum mereda, namun sektor ekonomi tetap beradaptasi dan bertahan.

Sambil terus menyiapkan langkah-langkah jitu yang akan direalisasikan setelah wabah berakhir dan situasi kembali normal. Di tengah ketidakpastian semacam ini, sebagian orang yang memiliki investasi sedikit lebih merasa diuntungkan. Terutama yang memilih investasi dari saham tambang emas di Indonesia.  Bagaimana sebenarnya potensi saham tambang jenis emas yang ada di Indonesia? Cari tahu selengkapnya melalui pembahasan artikel berikut ini!

Saham Tambang Emas Indonesia : Potensi yang Dimilikinya

Jika Anda ingin menjadikan saham sebagai investasi, maka sudah seharusnya Anda teliti untuk menentukan saham apa saja yang harus Anda beli. Hal ini dikarenakan saham memang merupakan investasi yang krusial dengan menjanjikan keuntungan yang tidak kecil, akan tetapi memang penuh dengan resiko.

Baca Juga: Lebih Baik Investasi Emas atau Saham?

Nah, salah satu jenis saham yang dianggap paling berpotensi untuk menghasilkan keuntungan adalah saham dari tambang emas. Beberapa poin penjelasan berikut ini akan membantu pemahaman Anda.

Nilai Emas yang Cenderung Stabil

Logam emas memang diketahui memiliki nilai yang cenderung lebih stabil daripada barang berharga lainnya. Hal itu tentu berimbas pula dengan berbagai sektor yang bersentuhan langsung dengannya, termasuk saham yang dimiliki oleh perusahaan pertambangan emas.

Jadi selama kegiatan pertambangan yang dijalankan oleh perusahaan tersebut masih ada, maka nilai saham yang Anda miliki masih akan aman.

Kebutuhan Emas yang Sangat Tinggi

Selama suatu barang masih dibutuhkan oleh banyak pihak, selama itu pula aktivitas ekonomi untuk mendapatkan barang tersebut akan terus berdenyut dengan dinamis. Hal ini juga berlaku untuk emas, karena memang berbagai kalangan menggunakan emas untuk banyak kebutuhan.

Seperti investasi, perhiasan, aneka perabot mahal, dan lain sebagainya. Kenyataan di lapangan semacam ini juga seharusnya berpengaruh pada ketahanan saham dari tambang emas juga.

Eksistensi Emas dalam Berbagai Iklim Ekonomi

Keadaan ekonomi global memang dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga harga komoditas termasuk saham juga terkena imbasnya. Situasi wabah semacam ini sebenarnya dapat dijadikan sebagai suatu parameter yang menunjukkan ketahanan harga suatu barang dalam skala luas.

Walaupun memang mengalami kenaikan dan penurunan yang beragam selama satu tahun terakhir ini, namun saham dari tambang emas masih dalam batas aman.

Bahkan pada pertengahan tahun lalu, tepatnya pada Agustus 2020, harga emas yang tercatat menciptakan rekor baru yang tercipta untuk kesekian kalinya belakangan ini. Tercatat juga, 6 perusahaan tambang emas mengalami peningkatan nilai seiring dengan adanya peristiwa ini.

Dividen Saham yang Fluktuatif namun Tetap Terjaga

Nilai emas tidak gampang terjun bebas, hal ini tentunya berpengaruh terhadap nilai saham yang dimiliki oleh tambang emas. Menyimpan emas berbentuk batangan dalam jangka waktu tertentu saja sudah kemungkinan besar akan menciptakan keuntungan, tentunya saham dari perusahaan tambang emas yang dimiliki juga menjanjikan keuntungan yang lebih besar lagi. Dividen yang akan dapatkan pun akan lebih aman, dan Anda akan memiliki resiko kecil mengalami kerugian yang besar.

Fakta bahwa emas juga akan menjadi komoditas yang tetap eksis dalam jangka waktu yang panjang juga menjamin masa berlaku saham tambang emas yang Anda pegang. Seperti yang diketahui bahwa masa berlaku sebuah saham sangat bergantung pada eksistensi perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut.

Baca Juga: Manfaat Bahan Tambang untuk Masyarakat

Menarik sekali, bukan? Demikianlah ulasan mengenai potensi saham tambang emas yang ada di Indonesia yang sangat cocok untuk berinvestasi. Sekarang, giliran Anda untuk memutuskan. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.