Proses Penambangan Emas Modern, Ketahui dan Pahami yuk!

proses-penambangan-emas-modern-ketahui-dan-pahami-yuk-agincourt

Selama masih menjadi primadona investasi, proses penambangan emas semakin modern karena terus diperbarui.

Seperti kita tahu, sebelum menjadi sesuatu yang begitu berharga dan mewah, emas telah melalui serangkaian proses karena masih bercampur dengan mineral lainnya. Penggunaan cara penambangan emas modern tentu saja untuk meningkatkan kualitas komoditas dan agar hasilnya lebih melimpah. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan para pekerja tambang. Awalnya pengolahan masih menggunakan cara tradisional melalui metode pendulangan. Prosesnya dengan menggunakan kuali dan kemudian diisi dengan bebatuan yang diyakini mengandung emas.

Baca Juga: Sejarah Emas, Logam Mulia yang Identik sebagai Simbol Kemewahan

Metode tersebut bekerja dengan memanfaatkan ukuran massa. Ketika kuali digoyang-goyangkan maka emas akan tertinggal di dasar. Jika masih mempertahankan cara tradisional seperti ini tentu proses untuk mengolah bebatuan akan semakin lama. Oleh karenanya sudah ada cara-cara modern untuk memurnikan logam mulia (Au). Apa saja caranya? Cari tahu lebih dalam tentang cara penambangan secara modern yang sudah digunakan di Indonesia di bawah ini.

Penambangan Emas Modern Metode Hidrometalurgi

Salah satu metode penambangan yang banyak digunakan saat ini adalah Hidrometalurgi, yakni dengan memanfaatkan reaksi kimia. Prosesnya secara umum melalui tiga tahapan, yaitu tahap pelindian, pemekatan, dan pengambilan. Pada tahap pelindian (leaching), batuan mentah dilarutkan pada cairan yang sudah dicampur dengan pereaksi kimia. Proses ini bertujuan untuk memisahkan logam yang diinginkan dengan material lain. Kemudian hasil dari leaching akan masuk ke proses pemekatan untuk meningkatkan konsentrasi logam yang ingin didapatkan. Terakhir akan masuk ke proses recovery atau pengambilan dengan cara menyeleksi emas murni. Dalam proses penambangan emas menggunakan metode Hidrometalurgi biasanya memakai reagen kimia H2SO4 (asam sulfat) dan HNO (asam nitrat). Senyawa kimia tersebut dapat bekerja untuk memisahkan emas murni dengan logam lain yang tidak dibutuhkan. Hingga saat ini metode Hidrometalurgi masih banyak digunakan karena efektivitasnya untuk memurnikan logam mulia emas. Masyarakat umum mungkin lebih mengenalnya sebagai metode pelindian.

Penambangan Emas Modern Metode Pirometalurgi

Selain Hidrometalurgi, metode Pirometalurgi juga menjadi cara modern untuk mendapatkan emas murni. Prosesnya dengan menggunakan panas atau suhu tinggi untuk memisahkan logam mulia emas dengan mineral lainnya. Cara kerjanya dengan memanfaatkan reaksi gas, padatan dan lelehan pada tanur atau furnace. Tahapannya dibagi menjadi lima macam, berikut diantaranya:

  1. Pengeringan: tahap awal ini bertujuan untuk menghilangkan kelembaban batuan dengan menggunakan titik didih 120 derajat celcius. Proses pengeringan akan menghilangkan kandungan air pada material.
  2. Kalsinasi: tahapan yang menggunakan furnace atau tungku untuk mendekomposisi panas batuan/material.
  3. Pemanggangan: tahap pemanasan material menggunakan hembusan udara serta ditambahkan sejumlah bahan kimia. Temperature yang dipakai pada proses ini berada di bawah titik didih.
  4. Peleburan: proses melelehkan material menggunakan teknik peleburan pada suhu tinggi, lebih tinggi dari titik didih.
  5. Pemurnian: proses memisahkan emas dengan material-material yang tidak dibutuhkan dengan menggunakan kalor/panas.

Jika diperhatikan dari tahapan-tahapan di atas, memang pada metode Pirometalurgi ini lebih mengandalkan suhu tinggi dalam prosesnya. Namun baik Pirometalurgi maupun Hidrometalurgi masih terus digunakan hingga sekarang dalam proses penambangan.

Baca Juga: 8 Perusahaan Tambang Emas di Indonesia yang Berpengaruh

Demikianlah penjelasan tentang penambangan emas modern yang sebaiknya Anda ketahui. Antara metode hidrometalurgi dan pirometalurgi sama-sama dapat dilakukan, namun pertimbangan utama yang biasanya dilakukan ialah lokasi dan struktur media tempat emas tersebut. Proses tersebut memang tergolong sangat baru, namun produktivitas dan keberadaannya memberikan keuntungan untuk perusahaan. Demikian informasi tentang emas dan sejarah di baliknya. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.