Proses Penambangan Emas yang Semakin Modern

Proses Penambangan Emas yang Semakin Modern

Semakin hari proses penambangan emas semakin modern. Hal ini tentu membantu para pebisnis dan pekerja tambang.

Emas merupakan salah satu batu alam yang memiliki penambangan terbesar di Indonesia. Sampai saat ini penambangan emas masih menjadi primadona devisa, karenanya teknologi penambangan emas terus diperbaharui. Selain untuk mendapatkan hasil emas murni yang tinggi, teknologi terbaru juga ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan para pekerja tambang.

Pada awalnya emas berbentuk bongkahan batu acak yang menyatu dengan jenis batuan alam lainnya. Karena itu kemudian dilakukan beragam proses penambangan emas agar bisa mendapatkan hasil emas murni.

Baca Juga: Kenali 5 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Proses Penambangan Emas Modern

Sebelum terciptanya teknologi canggih, proses penambangan emas awalnya dilakukan dengan cara tradisional yang memanfaatkan alat-alat sederhana yang mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan proses penambahan emas yang sudah semakin modern.

Proses Hidrometalurgi

Proses pengolahan emas dimulai dengan pendulangan emas, yaitu kegiatan mengumpulkan emas secara acak, untuk kemudian dipisahkan secara manual dengan batu alam non-emas lainnya. Tahapan ini dulunya dilakukan dengan tangan dan tanpa adanya bantuan peralatan canggih.

Kalaupun ada, biasanya menggunakan alat pendulang yang terbuat dari plastik, anyaman, atau malah sejenis baskom yang biasa ditemukan di rumah. Saat ini tahapan pendulangan emas sudah berganti dengan teknik modern yang disebut sebagai proses Hidrometalurgi.

Hidrometalurgi adalah proses penambangan emas dengan memanfaatkan senyawa kimia. Hidrometalurgi dilakukan dalam 3 tahapan, yakni pelindian, pemekatan dan yang terkahir pengambilan.

Tahap pelindian

Merupakan proses pemisahan emas dengan kotoran dengan mencampurkan senyawa kimia khusus. Nantinya emas dengan batuan lainnya akan terpisah secara otomatis, setelah diberikan senyawa kimia ini.

Tahap pemekatan

Merupakan proses penyaringan emas dengan tingkat kemurnian tertentu, dengan menaikkan dosis senyawa kimia yang dicampurkan.

Tahap pengambilan

Merupakan tahapan akhir, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan emas murni yang telah diseleksi sebelumnya.

Proses Pirometalurgi

Metode penambangan emas modern selanjutnya disebut dengan proses Pirometalurgi. Kali ini pengolahan emas dilakukan dengan memfokuskan pada pemberian suhu panas dari proses pembakaran. Terdapat 5 tahapan yang dijalankan pada proses Pirometalurgi, yaitu tahapan pengeringan, kalsinasi, pemanggangan, peleburan dan yang terakhir pemurnian.

Tahap pengeringan

Dilakukan dengan memasukkan batuan campuran emas ke dalam alat yang bersuhu 120 derajat selsius, dengan tujuan untuk menghilangkan kandungan air yang maish tersimpan.

Tahap kalsinasi

Dikerjakan menggunakan tungku khusus, yang bertujuan untuk melakukan dekomposisi atas panas batuan campuran emas yang telah diproses sebelumnya.

Tahap pemanggangan

Pemanggangan dilakukan dengan bantuan senyawa kimia. Pada tahapan ini suhu pemanggangan disesuaikan dengan titik didih emas, sebab suhu harus berada di bawah titik didih material terkait agar tidak merusak kondisinya.

Tahap peleburan

Proses ini bertujuan untuk melelehkan semua jenis batuan yang telah diproses sebelumnya. Pada saat peleburan suhu justru harus berada di atas titik didih material, agar bisa dilelehkan dengan sempurna.

Tahap pemurnian

Disinilah emas murni dan batuan yang dianggap pengotor dipisahkan secara sempurna. Sebagai catatan, proses pemurnian ini tak menggunakan tenaga manual ya, melainkan masih berbasis temperatur panas.

Baca Juga: Menilik 12 Istilah Dalam Pertambangan Emas

Itulah penjelasan mengenai proses penambangan emas saat ini yang sudah semakin maju. Proses penambangan emas yang modern dilakukan dengan memaksimalkan pemanfaatkan teknologi alat berat dan penggunaan bahan kimia. Hal ini terbukti mampu meningkatkan efisiensi kerja dan hasil, dibandingkan dengan menggunakan tenaga manual seperti dahulu.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.