Protokol Kerja di Pertambangan Selama Pandemi

Protokol Kerja di Pertambangan Selama Pandemi

Meskipun pandemi, karyawan yang kerja di pertambangan tetap beraktivitas namun dengan protokol yang telah ditetapkan.

Sepertinya peningkatan kasus positif Covid-19 di Indonesia tidak membuat kerja di pertambangan berhenti. Hal ini terlihat dari aktivitas yang terus berjalan normal di nyaris semua industri pertambangan, sebut saja seperti pertambangan emas maupun batubara.

Namun industri pertambangan tidak juga menganggap remeh pandemi. Hal ini dibuktikan dengan menerapkan protokol kesehatan kerja di pertambangan untuk melindungi semua karyawannya.

Baca Juga: Sustainability Report, Laporan Wajib Usaha Tambang

Detail Protokol Kerja di Pertambangan

Perusahaan pertambangan terlihat mencoba beradaptasi dengan datangnya pandemi. Hal ini terlihat dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan khusus sesuai dengan arahan dari pemerintah. Apa saja bentuk protokol kerja tersebut? Berikut uraiannya:

Memakai Masker

Virus corona penyebab Covid-19 menular lewat cairan yang keluar dari saluran pernapasan, seperti hidung dan mulut. Maka pemerintah serta WHO mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker. Kewajiban ini juga diberlakukan di lingkungan pertambangan.

Menjaga Kebersihan

Virus corona dikabarkan memiliki karakter yang rapuh dan akan mati ketika terkena pembersih, salah satunya sabun cuci tangan. Himbauan WHO dan pemerintah untuk lebih membudayakan cuci tangan diterapkan di pertambangan. Sehingga salah satu protokol kerja di pertambangan adalah wajib lebih sering mencuci tangan.

Menerapkan Physical Distancing

Mencegah kerumunan maka perusahaan pertambangan juga menerapkan kebijakan physical distancing. Yakni dengan mengatur jarak antara satu pekerja dengan pekerja lain. Baik itu saat berada di kantin, ruang makan, dan sebagainya. Upaya ini diharapkan bisa mencegah penyebaran Covid-19 di area tambang, sehingga keselamatan seluruh karyawan lebih terjamin.

Membentuk Gugus Tugas

Perusahaan pertambangan dalam menyempurnakan protokol kerja di pertambangan juga membentuk gugus tugas. Tugas utama dari tim gugus tugas ini adalah untuk mengedukasi karyawan tentang Covid-19 dan upaya pencegahannya. Sekaligus mengawasi perkembangan kondisi kesehatan para karyawan sejak protokol kesehatan ini diterapkan.

Menerapkan Sistem Shift

Memaksimalkan kebijakan physical distancing maka perusahaan pertambangan di Indonesia juga menerapkan sistem shift. Sehingga bisa meminimalkan kemungkinan terbentuk kerumunan dan kegiatan pertambangan tetap berjalan lancar. Supaya kesehatan karyawan tetap terjaga maka sistem shift ini dibuat sesuai dengan kapasitas karyawan yang bersangkutan.

Pelaksanaan Rapid Test Secara Berkala

Sebagai upaya untuk memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan pada karyawan dari Covid-19. Maka perusahaan pertambangan juga menerapkan kebijakan dilakukannya rapid test secara berkala. Sehingga bisa diketahui karyawan mana saja yang berpotensi positif Covid-19 dan mana saja yang masih dalam kondisi aman.

Upaya pemeriksaan rutin ini membantu menangani penyebaran Covid-19 di area pertambangan. Selain itu meningkatkan kemungkinan bagi karyawan yang positif untuk cepat sembuh karena dirawat dengan tepat sejak dini.

Menerapkan Kerja Daring

Jika dalam kondisi normal karyawan khususnya di bagian staff rutin menjalankan meeting secara konvensional. Maka saat menerapkan protokol kerja selama pandemi dilakukan meeting secara online. Sistem kerja secara daring atau dalam jaringan menjadi pilihan utama untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 di area pertambangan itu sendiri.

Sistem kerja daring ini tidak hanya untuk menghubungkan karyawan yang bisa menjalankan WFH (work from home) saja. Melainkan juga untuk menghubungkan semua karyawan yang datang ke tempat kerja langsung. Sehingga meeting tidak dilakukan di satu ruangan tertutup dan ber-AC agar semua aman dari ancaman virus.

Baca Juga: Manfaat Sumber Daya Tambang Yang Perlu Diketahui

Penerapan protokol kesehatan memang menjadi hal wajib bagi seluruh perusahaan di Indonesia yang masih aktif beroperasi. Protokol ini bertujuan untuk menjaga keselamatan para karyawan, sehingga ikut berpartisipasi dalam mengendalikan penyebaran pandemi.

Bagi Anda yang bekerja di sektor pertambangan selalu ikuti semua protokol kerja di pertambangan yang sudah dibuat perusahaan. Sebab mematuhinya tidak untuk menguntungkan perusahaan melainkan untuk menjaga keselamatan Anda sendiri.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.