Stakeholder Management Steering di Perusahaan Tambang

Stakeholder-Management-Steering-di-Perusahaan-Tambang-agincourt-resources-perusahan-pertambangan-indonesia

 Stakeholder management steering tidak lagi merupakan hal yang asing apalagi untuk kalangan yang bergerak di bidang pertambangan. 

Stakeholder management steering, atau pengaturan manajemen pemangku kepentingan, mungkin hal asing bagi sebagian kalangan. Stakeholder sendiri merupakan seluruh pihak di dalam masyarakat maupun individu, kelompok masyarakat, atau komunitas yang memiliki kepentingan serta hubungan terhadap perusahaan/organisasi, dan isu permasalahan yang tengah diangkat.

Stakeholder memiliki peranan penting dalam organisasi. Peranan yang dipegangnya yaitu untuk mengembangkan sebuah tujuan baik itu secara aktif maupun pasif. Seorang stakeholder mudah sekali dijumpai di setiap perusahaan. Peranannya sangat penting dalam kegiatan bisnis.

Sederhananya, stakeholder adalah orang yang memiliki kepentingan atau minat dalam sebuah perusahaan. Hal tersebut bisa menyangkut finansial, dan berbagai kepentingan lainnya. Jika seseorang sudah terkena pengaruh oleh perusahaan, maka orang tersebut bisa dikatakan sebagai stakeholder, entah itu pengaruh negatif maupun positif.

Baca Juga: Menangkap Peluang Di Bisnis Pertambangan

Penjelasan Pengaturan Manajemen Pemangku Kepentingan

Pengaturan manajemen pemangku kepentingan harus memastikan stakeholder dilibatkan secara tepat. Stakeholder harus dilibatkan dalam berbagai aspek seperti program, proyek, atau portofolio. Tujuannya yaitu untuk:

1. Memastikan pandangan dan sikap stakeholder dipahami

2. Memaksimalkan dukungan terhadap stakeholder

3. Meminimalisir dampak yang tidak mendukung stakeholder

4. Memengaruhi stakeholder menjadi pendukung pekerjaan di mana saja yang memungkinkan

Stakeholder sendiri terbagi ke dalam dua bagian berikut:

1. Stakeholder Primer

Stakeholder primer berhubungan langsung dengan pembuatan proyek, program, dan kebijakan. Mereka adalah sebagai penentu utama dalam pengambilan keputusan. Contoh stakeholder primer adalah sebagai berikut:

Masyarakat dan tokoh masyarakat yang mendapat manfaat, maupun terkena dampak dari program, proyek, dan kebijakan. Sedangkan tokoh masyarakat yang dimaksud yaitu anggota masyarakat yang menjadi aspirasi masyarakat.

Manajer publik atau lembaga publik yang memiliki tanggung jawab dalam mengimplementasi maupun mengambil keputusan. 

2. Stakeholder Sekunder

Stakeholder sekunder merupakan unsur eksekutif sesuai level-nya. Atau, dikenal dengan legislatif dan instansi. Mereka memiliki kewenangan secara legal dalam mengambil keputusan. Contoh stakeholder sekunder adalah sebagai berikut:

Lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang berhubungan di bidang terkait dengan rencana, manfaat, maupun dampak yang muncul.

Lembaga pemerintah yang berkaitan dengan permasalahan. Akan tetapi, mereka tidak memiliki wewenang dalam mengambil keputusan.

Badan usaha atau pengusaha yang berkaitan dengan permasalahan.

Perguruan tinggi, yang merupakan kelompok akademis berpengaruh di dalam mengambil sebuah keputusan pemerintah.

Lembaga pemerintah di dalam wilayah tertentu yang tidak memiliki tanggungjawab secara langsung.

Pembagian Stakeholder Dalam Dunia Bisnis

Di dalam dunia bisnis, khususnya pertambangan, Stakeholder terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu internal stakeholder, dan kedua external stakeholder. Pihak-pihak terkait yang termasuk di dalamnya adalah sebagai berikut:

Stakeholder Internal:

1. Manajemen & top executive

2. Keluarga pegawai

3. Pegawai

4. Pemegang saham

Stakeholder external:

1. Pemerintah

2. Kompetitor

3. Pers

4. Komunitas

5. Distributor

6. Bank (creditor)

7. Pemasok

8. Konsumen

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan, bahwa stakeholder merupakan kelompok atau perorangan yang berperan penting pada suatu perusahaan. Peranan mereka dapat menentukan maju atau tidaknya suatu perusahaan.

Dalam industri pertambangan emas, stakeholder bisa saja masyarakat yang terkena dampak negatif atau positif akibat aktivitas pertambangan. Maka dari itu, perusahaan penting untuk membuat sebuah pengaturan yang tepat untuk memaksimalkannya.

Baca Juga: Industri Tambang Emas Yang Menarik Banyak Pihak

Demikian ulasan seputar stakeholder management steering. Uraian di atas sedikit banyaknya akan membantu dalam memahami peranan stakeholder, penjelasan, serta pengaturannya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, khususnya untuk Anda yang ingin tahu seputar stakeholder. Pt. Agincourt Resources adalah perusahaan pertambangan emas yang sangat terpercaya oleh para stakeholders. Cari tahu visi dan misi Pt. Agincourt Resources disini