Contoh Tanggung Jawab Perusahaan Tambang Terhadap Lingkungan Pertambangan

tanggung-jawab-perusahaan-tambang-terhadap-lingkungan-pertambangan-am

Lingkungan pertambangan sebagai bagian dari proses pengolahan sumber daya alam tidak luput dari beberapa perubahan alam dalam proses pengolahannya.

Inilah alasan untuk pertambangan memerlukan izin dari pemerintah setempat sebagai institusi yang  mengawasinya. Penambangan liar yang marak beberapa waktu lalu terbukti menyebabkan berbagai kerugian. Khususnya pada lingkungan pertambangan, mulai dari longsor, pencemaran air hingga kecelakaan kerja karena tidak ada standar keamanan yang memadai, sehingga sangat merugikan pekerja. Aktivitas tambang hanya boleh dilakukan dengan izin yang harus melalui berbagai persyaratan. Salah satu yang perlu disertakan adalah komitmen untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, sehingga masing-masing pihak sama-sama diuntungkan. Bentuk tanggung jawab yang dijalankan perusahaan dimulai saat aktivitas berlangsung hingga pasca penambangan dan ini sudah harus diperhitungkan. Sebab dampaknya bisa terjadi dalam jangka panjang sesuai dengan lamanya dari masa pakai lahan.

Baca Juga: 4 Manfaat Pertambangan Emas bagi Kehidupan Masyarakat

Contoh Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan Pertambangan

Tanggung jawab perusahaan terhadap kawasan tambang ada bermacam cara. Menyesuaikan dampak yang terjadi di lapangan. Masing-masing perusahaan mungkin menerapkan cara berbeda berdasarkan jenis kegiatannya, berikut contohnya pertanggungjawaban dari perusahaan:

1. Melakukan Reklamasi Lahan

Penataan lingkungan pertambangan, pencegahan erosi, penanaman tumbuhan diikuti pemeliharaan guna menutup bekas galian. Aktivitas ini berfungsi mengembalikan kualitas tanah di sekitar. Mengembalikan kualitas air tanah dengan membangun sumur air bersih. Air merupakan kebutuhan vital masyarakat, sehingga ini menjadi fokus utama setelah aktivitas usaha tidak lagi difungsikan. Dengan begitu kualitas sekitar bagus. Setidaknya dengan adanya aktivitas tambang tersebut tidak menyebabkan kondisi lingkungan sekitar menjadi tercemar atau erosi, bila dilakukan reklamasi lahan. Jadi diperlukan pertanggungjawaban dari pihak perusahaan supaya kondisi lingkungannya kembali bagus.

2. Menyediakan Ruang Usaha dan Pembinaan

Salah satu tanggung jawab yang umum dilakukan adalah menyediakan ruang untuk usaha serta pembinaan sosial secara berkesinambungan, khsusunya disekitaran lingkungan pertambangan. Itulah mengapa seharusnya ada pembangunan berkelanjutan dalam bidang sosial ekonomi yang berkaitan dengan kawasan tambang tersebut. Diharapkan dengan adanya pembangunan tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap area tambang yang digunakan. Pemberian akses informasi dan fasilitas memadai bagi kehidupan sosial. Misalnya memperbaiki atau membangun jalan, fasilitas ibadah, kesehatan, mempermudah akses kredit untuk usaha mikro maupun menengah sehingga masyarakat bisa tetap produktif.

3. Mengembangkan atau Membangun Daerah Wisata

Ini sangat berguna bagi kehidupan dalam jangka panjang. Sebab secara langsung mampu menggerakkan roda ekonomi dan menambah pemasukan bagi daerah. Karena tempat pariwisata adalah salah satu cara terbaik untuk menambah pemasukan daerah. Dengan menciptakan lingkungan yang menarik, otomatis banyak orang dari luar daerah tertarik untuk berkunjung ke daerah wisata tersebut.

4. Rehabilitasi Hutan

Secara perlahan rehabilitas hutan akan menjaga flora dan fauna asli. Dampak lingkungan pertambangan lebih cepat dikembalikan. Ekosistem dapat kembali normal seperti sebelum dibuka aktivitas pertambangan.  Vegetasi alami akan terbentuk dengan sendirinya melalui rehabilitasi hutan. Manfaatnya adalah mencegah terjadinya longsor, banjir, dan kebakaran, menurunkan suhu di sekitar lahan dan memperbaiki kualitas udara di sekitar lingkungan.

5. Pemberdayaan Masyarakat

Salah satunya adalah menyediakan fasilitas pendidikan terutama bagi anak karyawan perusahaan tersebut, sehingga para karyawan merasa beruntung. Selain mendirikan sekolah, pemberdayaan bisa dilakukan dengan menyediakan beasiswa, membuka rumah baca, menyediakan stasiun radio, fasilitas internet dan layanan publik sebagai bentuk tanggung jawab nyata. Kegiatan ini harus direalisasikan sehingga lingkungan pertambangan tidak rusak dan ditinggalkan.

Baca Juga: Tips Cara Menjual Emas Anti Rugi yang Jarang Diketahui

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.