Tindakan Mengedepankan Keanekaragaman Hayati di Daerah Pertambangan

tindakan-mengedepankan-keanekaragaman-hayati-di-daerah-pertambangan-agincourt

Daerah pertambangan menjadi salah satu fokus dalam beberapa aspek pengembangan lingkungan.

Daerah pertambangan memang selalu diidentikkan dengan dampak lingkungan. Padahal, tidak semua tempat mengalami kejadian seperti itu. Faktanya, pemerintah telah melakukan segala upaya untuk menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan bahwa pengelolaan sumber alam merupakan aspek keberlanjutan dalam pembangunan bangsa yang lebih baik. Indonesia memiliki posisi dan peran penting dalam hal tersebut. Statusnya sebagai salah satu rumah flora dan fauna dunia yang menyandang gelar salah satu megadiversity country.

Baca Juga: Contoh Tanggung Jawab Perusahaan Tambang Terhadap Lingkungan Pertambangan

Rumah Bagi Flora dan Fauna Dunia

Indonesia memang hanya memiliki 1,3% daratan dunia. Namun, fakta menariknya adalah Indonesia juga menjadi rumah dari ribuan flora dan fauna dunia, ini menjadi alasan mengapa daerah pertambangan Indonesia menjadi hal wajib untuk dijaga. Bahkan, beberapa jenis hanya bisa dijumpai di Indonesia.

  1. Indonesia memiliki 670 spesies mamalia dari total 5.400 dunia. Artinya, 12,4% mamalia dunia hidup di Indonesia dan ini menempatkan sebagai negara dengan jumlah mamalia terbanyak dunia.
  2. Dari 34 ribu spesies ikan, 4.782 atau 14,06% spesies hidup di lautan nusantara. Hal tersebut juga menempatkan negara ini berada di posisi kedua.
  3. Ada 1.711 spesies burung dengan lebih dari 390 spesies diantaranya adalah fauna endemik. Artinya, negara ini juga menempati posisi 4 dunia.
  4. Indonesia juga menempati posisi 4 dunia dalam jumlah reptil terbanyak dunia. Dari 10 ribu spesies, negara ini memiliki 755 spesies dengan lebih dari 20% adalah fauna endemik.
  5. Memiliki lebih dari 1.600 spesies krustasea dan menempatkan sebagai negara urutan ke-5.
  6. Menempati peringkat 9 spesies amphibi dengan 365 spesies serta lebih dari 40% diantaranya merupakan fauna endemik.
  7. Memiliki lebih dari 120 spesies kupu-kupu dan 45% diantaranya adalah endemik.
  8. 35% primata dunia juga hidup di Indonesia dan hampir sekitar 20% merupakan primata endemik yang membuat Indonesia menempati posisi 4.
  9. Peringkat 4 dunia spesies tumbuhan vaskular dengan ada lebih dari 29.375 spesies.

Perlindungan Keanekaragaman Hayati di Daerah Pertambangan

Dengan status sebagai megadiversity country, Indonesia memang dituntut untuk terus melakukan perlindungan keanekaragaman hayati. Perlindungan ini sangat penting karena berkembangnya zaman juga akan meningkatkan risiko kerusakan lingkungan. Sektor pertambangan umumnya sama seperti sektor lainnya yang memiliki dampak dan manfaat. Untuk itulah dibutuhkan regulasi dan aturan ketat demi memberikan perlindungan di tengah ramainya pertambangan. Apalagi, pertambangan juga tidak bisa dihentikan secara paksa karena juga berdampak buruk bagi negara. Praktik pertambangan memang tidak bisa begitu saja dihentikan mengingat besarnya sumbangan pendapatan kepada negara. Praktik di daerah pertambangan juga secara otomatis mengubah bentang alam sehingga mengancam keanekaragaman hayati, sehingga dibutuhkan langkah pencegahan sekaligus langkah lanjutan untuk menghindari bencana tersebut. Setidaknya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan secara bersama demi keduanya tetap berjalan beriringan di daerah pertambangan.

  1. Rencana keanekaragaman hayati berdasarkan lokasi pertambangan yang didasari dari rekomendasi ahli, dalam hal ini adalah kaitannya dengan area konservasi.
  2. SOP untuk meminimalisir sebaik mungkin terhadap gangguan kepada habitat flora dan fauna, dalam hal ini adalah meminimalisir pembuatan jalan baru.
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan.
  4. Rehabilitasi serta revitalisasi terhadap wilayah pertambangan.
  5. Memberikan dukungan penuh kepada upaya konservasi demi memulihkan ekosistem hutan sebagai rumah flora dan fauna.

Baca Juga: 4 Manfaat Pertambangan Emas bagi Kehidupan Masyarakat

Perlindungan seperti ini akan memberikan dampak besar bagi flora dan fauna. Di sisi lain, subsektor pertambangan juga tetap bisa memberikan kontribusi bagi negara. Untuk itu, konservasi daerah pertambangan perlu dilakukan. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.