Tips Membeli Perhiasan Emas di Toko Komersial Bagi Pemula

tips-membeli-perhiasan-emas-di-toko-komersial-bagi-pemula-agincourt

Bagi Anda yang baru akan membeli logam mulia, ada baiknya ketahui dulu tips membeli perhiasan emas di toko komersial.

Memang selain sebagai perhiasan yang digunakan sehari-hari, banyak juga orang memanfaatkan emas untuk investasi. Alasannya karena jenis logam yang identik dengan kemewahan tersebut memiliki harga relatif stabil di pasaran. Jadi sangat penting sekali memahami cara membeli emas yang baik sebelum ke toko perhiasan. Apalagi ada jenis emas perhiasan dan batangan serta memiliki kadar karat berbeda-beda. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu beberapa tips membeli perhiasan emas yang ada di toko komersial berikut ini.

Baca Juga: Proses Penambangan Emas Modern, Ketahui dan Pahami yuk!

Tips Membeli Perhiasan Emas di Toko

Adanya inflasi penurunan maupun kenaikan nilai uang yang tidak terduga di pasar memang tidak terlalu memberikan pengaruh pada harga emas. Tidak heran jika logam mulai ini adalah objek paling tepat untuk berinvestasi. Meskipun begitu, membeli logam mulia emas tidak boleh sembarangan. Jika baru pertama kalinya beli di toko, perhatikan beberapa tips penting berikut ini:

1. Cek Harga Hari Ini

Harganya selalu berfluktuasi setiap hari, bisa naik turun. Jadi pastikan Anda sudah mengecek update harga terbarunya hari ini sebelum ke toko. Lebih disarankan membeli ketika harganya sedang turun agar bisa dijual dan mendapatkan keuntungan ketika harga naik.

2. Cek Kadar Karat

Tips membeli perhiasan emas di toko dengan melihat kadar karat yang menunjukkan kualitas. Semakin tinggi kadar karatnya maka akan semakin tinggi juga kualitasnya, harganya juga lebih mahal. Untuk investasi, biasanya orang-orang lebih memilih kadar 24 karat dengan kemurnian 99,99%. Namun jika Anda menginginkan gelang atau cincin, kadar 10 dan 12 karat sudah cukup baik meskipun terkena gesekan permukaan keras. Sementara jika untuk pembelian anting atau kalung, disarankan membeli dengan kadar 14-18 karat.

3. Cek Kondisinya Sebelum Dibeli

Sebelum membayar, pastikan dulu kondisinya tidak ada cacat, goresan maupun cuilan-cuilan. Cek juga ada tidaknya noda tertinggal pada perhiasan, jangan sampai membeli produk yang tidak mengkilap sempurna karena bisa mempengaruhi harga jualnya nanti. Selain itu, jika Anda membeli perhiasan kalung maka lebih disarankan memilih yang menggunakan kunci S karena lebih awet daripada kunci tekan. Sebaiknya membeli yang memiliki sertifikat, sehingga menjualnya pun mudah.

4. Cek Reputasi Toko

Jangan hanya mengincar harga murah saja, pastikan Anda membeli di toko emas yang memiliki reputasi baik. Apalagi harga emas di pasaran dengan kadar yang sama tidak jauh berbeda. Sebaiknya hati-hati dengan toko yang terlalu menurunkan harga di bawah pasaran.

5. Hindari Perhiasan Berlapis Emas

Berhati-hatilah dengan perhiasan berharga murah, biasanya hanya lapisannya saja yang emas. Jenis seperti ini tidak bisa dijadikan investasi dan ketika dijual kembali juga lebih sulit. Itulah mengapa Anda harus membeli melalui toko yang bereputasi baik.

6. Simpan Surat Tanda Pembelian

Setiap pembelian perhiasan akan diberikan nota lengkap beserta informasi kadar dan gambar/bentuknya. Simpan baik-baik kertas tersebut karena menjadi syarat penting jika ingin menjualnya kembali. Biasanya harga jual akan turun banyak jika pembeli tidak bisa menunjukkan surat tanda pembelian. Jadi jangan sampai kesalahan sepele seperti ini membuat Anda rugi banyak di masa depan.

Baca Juga: Sejarah Emas, Logam Mulia yang Identik sebagai Simbol Kemewahan

Begitulah beberapa tips membeli perhiasan emas di toko yang sebaiknya Anda terapkan untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Anda juga bisa membaca artikel-artikel bermanfaat lainnya dalam website kami. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.