Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Karyawan

Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Karyawan

Salah satu yang mendukung berkembangnya suatu perusahaan adalah dari karyawan beserta para jajarannya itu sendiri.

Maka keselamatan dan kesehatan karyawan perlu diprioritaskan. Sebab, tanpa kinerja yang baik dari para karyawannya, sangat sulit sebuah perusahaan mampu bertahan dan berkembang. PT Agincourt Resources, merupakan salah satu perusahaan pertambangan di Indonesia yang memiliki dedikasi tinggi terhadap kesehatan dan keselematan kerja karyawan. Basisnya ada pada bidang eksplor penambangan serta pengolahan hasil tambangnya, seperti emas dan perak.

Tempat operasi perusahaan ini berada di Tambang Martabe, Sumatra. Sedangkan perusahaan utama ada di Jakarta. PT Agincourt Resources memanfaatkan sumber daya manusia dengan mempekerjakan lebih dari 2500 karyawan dengan mengutamakan keselamatan serta kesehatan pada pekerjanya.

Hal ini merupakan peraturan mutlak perusahaan. Hal ini untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja dengan serendah mungkin.

Baca Juga: Cara Membedakan Tambang Emas Ilegal Dan Legal

Cara Menjaga Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan di Agincourt Resources

Seperti yang sudah dipaparkan mengenai sekilas tentang PT Agincourt Resources yang bergerak di bidang pertambangan, maka resiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi pada karyawannya sangat tinggi. Hal ini bisa disebabkan dari pengaruh kelalaian dalam pengoperasian mesin di tempat proyek, ataupun kondisi alam yang bisa saja berubah.

Untuk meminimalisirnya, maka Agincourt Resources menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3) bagi semua karyawannya, yakni diantaranya adalah:

Penerapan Alat Proteksi Diri (ADP)

ADP atau Alat Proteksi Diri merupakan komponen terpenting yang harus dikenakan para karyawan. ADP berguna untuk menjaga keselamatannya yang bekerja di tempat yang penuh akan resiko. Adapun berbagai alat proteksi diri tersebut, diantaranya adalah:

Pakaian Kerja

Biasanya, pakaian kerja didesain khusus untuk melindungi para pekerja. Baik dari pengaruh lingkungan yang kurang sehat, ataupun dari sesuatu yang bisa membahayakan keselamatan.

Helm Kerja

Untuk karyawan yang bekerja di area pertambangan, menggunakan helm merupakan suatu keharusan. Hal ini akan menghindarikan kepala dari kemungkinan kejatuhan benda-benda berat.

Sarung Tangan

Fungsinya untuk melindungi tangan dari penggunaan alat-alat kerja yang berbahaya. Selain itu, sarung tangan juga berfungsi untuk mengangkut benda-benda berbahaya tangan akan tetap aman dari goresan yang mungkin bisa terjadi.

Sepatu Kerja

Hal ini juga sangat diperlukan untuk perlindungan kaki dari benda yang berbahaya ketika bekerja.

Perencanaan yang Matang

Dalam pekerjaan, tahap perencanaan merupakan hal terpenting dalam memulai suatu pekerjaan. Salah satu yang mendukung proses perencanaan adalah survei lapangan.

Setelah dilakukan survei lapangan, seseorang akan mengetahui seberapa beresikonya medan yang akan dikerjakan.  Dari situlah, perencanaan bisa dirancang berupa hal-hal yang bisa memanage itu semua. PT Agincourt Resources juga selalu melakukan hal ini.

Fokus pada Hal yang Bisa Dikerjakan

Semangat kerja sangat dibutuhkan dalam hal ini. Namun, para karyawan juga tidak harus memaksakan segala pekerjaan dikerjakan tanpa bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal. Tetap fokus apa yang menjadi tujuan dari perencanaan awal, serta kerjakan dengan fokus untuk hasil yang lebih maksimal. Upaya ini dilakukan PT Agincourt Resources agar memaksimalkan keselamatan dan kesehatan para karyawannya.

Taati Setiap Peraturan Kerja yang Berlaku

Kunci amannya suatu pekerjaan dilakukan adalah tetap mentaati aturan yang berlaku oleh pihak perusahaan dan juga pemerintah. Maka dari itu, PT Agincourt Resources selalu mengupayakan selalu update akan aturan-aturan terbaru yang berkembang, serta mengarahkan kepada para karyawannya untuk mematuhi segala aturan kerja yang sudah diberikan.

Jangan Menganggap Remeh Setiap Bahaya

Bahaya kecil, jika tidak ditanggapi dengan cepat, maka bisa menjadi masalah yang besar. Bahkan bisa berdampak pada yang lain. Itulah yang perlu diperhatikan bagi setiap karyawan yang bekerja pada area yang mempunyai resiko yang besar.

Maka dari itu, PT Agincourt Resources sangat mengutamakan para karyawannya untuk tidak meremehkan setiap permasalahan yang terjadi di tempat kerja. Tetap waspada dan tetap tanggap, demi keselamatan dan kesehatan bersama.

Baca Juga: Lebih Untung Investasi Emas atau Perak?

Itulah beberapa cara PT Agincourt Resources dalam memprioritaskan keselamatan dan kesehatan para karyawannya. Hal terpenting adalah tetap tenang dalam bekerja, patuhi segala aturan yang ada serta tetap fokus dan tanggap ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai proses penambangan dan pengolahan emas yang dilakukan PT. Agincourt Resource, Anda dapat klik di sini