Wah, Penjualan Emas Tambang Martabe 2021 Ditargetkan Capai 340.000 Ons

wah,-penjualan-emas-2021-ditargetkan-capai-340.000-ons

Emas adalah salah satu komoditas berharga negara dengan nilai jual yang tinggi.

Namun, tidak semua negara memiliki cadangan emas yang melimpah di wilayahnya. Sebagai warga negara Indonesia yang merupakan produsen emas terbesar keenam di dunia, kita wajib bersyukur karena memiliki kekayaan tambang tersebut. Seiring dengan situasi pandemi yang perlahan mulai membaik, semua sektor ekonomi juga mulai menunjukkan geliatnya. Penjualan emas di tahun 2021 ini juga dilaporkan mengalami peningkatan target daripada tahun sebelumnya. Penasaran seperti apa? Ikuti terus informasi menarik berikut ini!

Baca Juga: Beberapa Cara Menanam Saham di Pertambangan Emas

Target Penjualan Emas Tahun 2021

Setahun sebelumnya, target penjualan komoditas emas dipatok ‘hanya’ berada di kisaran 319 ribu hingga 320 ribu oz, atau berkisar 9 ton metrik. Jumlah ini sebenarnya menyusut dari target asli. Hal ini dikarenakan situasi pandemi yang melanda secara tidak terduga, sehingga semua kegiatan penambangan dan produksi emas terpaksa harus mengalami penyesuaian. Baik dari segi perampingan karyawan, membatasi jumlah pekerja yang turun langsung ke lapangan, maupun penambahan biaya produksi untuk memenuhi persyaratan dan protokol kesehatan kerja yang berlaku. Apalagi dengan ditutupnya beberapa tambang emas yang terpaksa harus menghentikan seluruh aktivitas kerjanya pada pertengahan tahun 2020. 

Namun pada tahun 2021 ini, target penjualan emas menunjukkan peningkatan pada kisaran 340 ribu ons, atau jika dikonversikan menjadi sekitar 9.6 ton. Jumlah ini lebih tinggi sekitar 0.6 ton dari ekspektasi di tahun yang sebelumnya. Walaupun memang kandungan emas yang didapatkan diperkirakan juga tidak terlalu tinggi, mengingat kegiatan pertambangan kini mencapai wilayah lapisan perut bumi yang cukup dalam dan memiliki kandungan emas yang terbatas. Namun, hal ini tidak mempengaruhi optimisme dari perusahaan emiten tambang emas terhadap pemasangan target ini. Seperti yang disampaikan oleh pihak perusahaan bisnis emas UNTR melalui Agincourt Resources. Kegiatan operasional di Tambang Martabe kini sudah mulai berjalan dengan lancar dengan tetap memenuhi standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Emas

Untuk menentukan target ataupun prediksi daya jual suatu komoditas seperti emas memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa faktor yang memang harus dipertimbangkan dengan baik. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

1. Krisis atau Isu Global

Contoh yang paling nyata adalah adanya pandemi yang menyerang hampir seluruh dunia sejak tahun kemarin. Tentunya sektor penjualan bisa dibilang mengalami penurunan dikarenakan memang masyarakat yang merupakan salah satu konsumen potensial dari produk emas tersebut lebih memilih untuk menyimpan uangnya untuk kebutuhan pokok. Selain isu wabah penyakit, krisis yang biasanya berdampak signifikan adalah gejolak politik atau juga situasi ekonomi di negara tersebut.

2. Permintaan dari Perusahaan Perhiasan

Salah satu konsumen terbesar dari produk emas adalah perusahaan yang memproduksi perhiasan dengan bahan dasar emas. Secara eksklusif, perusahaan ini melayani permintaan dari para perusahaan produsen perhiasan ini tiap tahunnya, seperti yang berada di China, Amerika, India, dan lain sebagainya. Penjualan komoditas emas akan meningkat seiring dengan tingginya permintaan dari konsumen seperti pabrik emas ini, dan hal sebaliknya akan berlaku begitu permintaan bahan baku emas mengalami penurunan. 

3. Kuantitas Produksi Emas

Selain dari faktor-faktor eksternal yang telah disebutkan sebelumnya, faktor internal seperti berapa banyak emas yang berhasil diproduksi oleh sebuah negara penghasil emas juga turut menjadi salah satu faktor. Semakin sedikit jumlah emas yang tersedia, maka stok juga akan semakin sedikit dan biasanya harga emas akan turut meroket.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Saham Pertambangan Emas

Demikianlah ulasan mengenai target penjualan komoditas emas yang terjadi di tahun kedua sejak merebaknya pandemi ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda! Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.